Show simple item record

dc.contributor.authorNadzifa, Diyana
dc.date.accessioned2024-05-06T02:45:19Z
dc.date.available2024-05-06T02:45:19Z
dc.date.issued2024-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9448
dc.description.abstractSMP ASIFA merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang menitik beratkan pada sekolah atlit, akan tetapi dalam penggunaan kurikulum SMP ASIFA menggunakan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, yang membedakan SMP ASIFA dengan sekolah pada umumnya adalah waktu pembelajaran, jika biasanya proses pembelajaran dilakukan selama 40-45 menit, di SMP ASIFA hanya 20-25 menit. Berdasarkan fenomena diatas penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis terkait perencanaan, penerapan, dan evaluasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam yang dilaksanakan di SMP ASIFA kota Malang. Penelitian menggunakan metode pendekatan kualitatif yang dapat menghasilkan data secara deskriptif yang dipaparkan dalam bentuk tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diteliti atau diamati. dengan jenis penelitian berupa penelitian deskriptif penelitian yang dilakukan untuk menjelaskan suatu gambaran fenomena yang dihasilkan dari penelitian. Untuk pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi dilapangan. Tahap analisis data dengan melakukan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Untuk validitas data peneliti menggunakan cara triangulasi sumber, triangulasi data, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian pada perencanaan kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMP ASIFA kota Malang yang dilakukan oleh pendidik adalah dengan melakukan pelatihan terkait kurikulum Merdeka, membuat CP, TP ATP, Modul ajar dan buku 1234 serta menyiapkan materi yang akan di ajarkan. Untuk penerapan kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan agama islam diterapkan pada proses pembelajaran dan penerapan projek P5. Tahap evaluasi pada kurikulum Merdeka pada mata pelajaran mencangkup pada penilaian aspek perilaku yang sesuai dengan P5, penilaian projek, dan penilaian materi. Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum Merdekaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectKurikulum Merdekaen_US
dc.titleImplementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP ASIFA Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record