dc.description.abstract | Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan bagaimana metode Mind Mapping Hanifida dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Negeri 1 Gending Probolinggo. Pada saat ini sering terjadi peserta didik cepat lupa dengan materi yang disampaikan oleh guru. Hal ini karena guru masih menggunakan metode ceramah. Jadi pembelajarannya satu arah dari guru ke peserta didik saja, sedangkan peserta didik tidak bisa berperan aktif sehingga peserta didik merasa kesulitan untuk memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah peserta didik mampu mengingat dan memahami materi yang telah disampaikan oleh guru.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti dan salah satu guru Pendidikan Agama Islam sebagai kolaborator bekerja sama untuk melakukan penelitian. Peneliti berperan sebagai guru dan kolaborator mengamati kegiatan selama proses belajar mengajar yang menerapkan metode Mind Mapping Hanifida. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan prosedur sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus pertama terdiri dari satu kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari satu pertemuan juga. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen: lembar observasi dan soal tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Gending Probolinggo yang berjumlah 28 siswa.
Temuan menunjukkan bahwa prosedur metode Mind Mapping Hanifida yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa meliputi langkah-langkah berikut: (1) mereview materi yang sudah dipelajari, (2) memberikan beberapa pertanyaan tentang materi (3) menyampaikan tujuan penggunaan Mind Mapping Hanifida (4) menunjukkan contoh Mind Mapping Hanifida yang sudah jadi (5) menjelaskan pembuatan Mind Mapping Hanifida (6) membagi siswa menjadi 4 kelompok (7) membagikan kertas kosong dan spidol warna (8) mengarahkan peserta didik untuk membuat Mind Mapping Hanifida (9) memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mempresentasikan Mind Mapping Hanifida yang telah dibuatnya.
Temuan juga menunjukkan bahwa metode Mind Mapping Hanifida berhasil meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik. Pertama terdapat 85% peserta didik yang memperoleh nilai tuntas. Selebihnya 14 % peserta didik tidak mengikuti pembelajaran menggunakan metode Mind Mapping Hanifida. Hal ini dikarenakan peserta didik tidak masuk saat pembelajaran berlangsung. Kedua keterlibatan keaktifan peserta didik dari pertemuan pertama hingga pertemuan akhir menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Berdasarkan observasi menunjukkan bahwa seluruh peserta didik terlibat dalam kegiatan tersebut, pelaksanaan metode Mind Mapping Hanifida secara aktif dan menyenangkan. Semua peserta didik memahami dalam penerapan metode Mind Mapping Hanifida dengan baik, mereka berdiskusi, berkelompok, mengajukan pertanyaan, mempresentasikan hasil pembuatan Mind Mapping Hanifida di depan teman-temannya.
Kata kunci: Metode Mind Mapping Hanifida, Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan | en_US |