Show simple item record

dc.contributor.authorSuryani, Lilis
dc.date.accessioned2024-05-06T03:10:58Z
dc.date.available2024-05-06T03:10:58Z
dc.date.issued2023-12-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9452
dc.description.abstractBudaya religius di sekolah atau madrasah yang lahir dan ditranmisikan bersama, mulai dari kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, stakeholder dan sebagainya, yang dilandasi oleh keimanan kepada Tuhan, sehingga pemikiran perbuatan dan pembiasaan civitas sekolah atau madrasah akan selalu berlandaskan pada keimanan dan terpancar pada pribadi dan perilaku sehari-hari. Keberagaman atau religiusitas diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia. Aktivitas beragama tidak hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual (beribadah), tetapi juga ketika melakukan aktivitas lain yang didorong oleh kekuatan supranatural. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak dan terjadi dalam hati seseorang. Karena itu keberagaman seseorang akan meliputi berbagai macam sisi atau dimensi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpalan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Apa budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabutaen Pasuruan, 2) bagaimana implementasi pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan, 3) bagaimana model pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan model dan tindak lanjut dari kegiatan guru dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius dilakukan melalui kegiatan yang juga mencakup spiritual dan pendidikan religi, anak tidak hanya mendapatkan tentang ilmu Agama disekolah melainkan mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun bentuk kegiatan religi yang ada di SMKN 1 Gempol meliputi, pembacaan istighotsah yang dilakukan setiap hari senin pagi yang dilanjut dengan kultum oleh guru PAI, disini dengan tujuan memohon pertolongan dari Allah dan mendekatkan diri kepada Allah. Implementasi kegiatan tersebut sudah melaksanakan sesuai prosedur yang dibuat dalam perencanaan, pada pelaksanaanya didukung dengan sarana seperti, musholla, halaman sekolah dan kelas adapun beberapa metode yang dipakai oleh guru yaitu metode, kebiasaan, kedisiplinan, keteladanan. Model dan tindak lanjut yang dilakukan guru dalam merancang kegiatan budaya religius yaitu melalui kegiatan yang dilaksanakan guru PAI, adapun kegiatan yang dibuat oleh guru PAI sendiri yang mana kegiatan tersebut meliputi kegiatan mingguan, harian, bulananen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectModel PAI Kurikulum Merdekaen_US
dc.subjectBudaya Religiusen_US
dc.titleModel Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record