Model Pembelajaran PAI Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Budaya Religius Di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan
Abstract
Budaya religius di sekolah atau madrasah yang lahir dan ditranmisikan
bersama, mulai dari kepala sekolah, pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik,
stakeholder dan sebagainya, yang dilandasi oleh keimanan kepada Tuhan, sehingga
pemikiran perbuatan dan pembiasaan civitas sekolah atau madrasah akan selalu
berlandaskan pada keimanan dan terpancar pada pribadi dan perilaku sehari-hari.
Keberagaman atau religiusitas diwujudkan dalam berbagai sisi kehidupan manusia.
Aktivitas beragama tidak hanya terjadi ketika seseorang melakukan perilaku ritual
(beribadah), tetapi juga ketika melakukan aktivitas lain yang didorong oleh
kekuatan supranatural. Bukan hanya yang berkaitan dengan aktivitas yang tampak
dan dapat dilihat dengan mata, tetapi juga aktivitas yang tidak tampak dan terjadi
dalam hati seseorang. Karena itu keberagaman seseorang akan meliputi berbagai
macam sisi atau dimensi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan
pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpalan datanya berupa observasi,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya meliputi
pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data dan kesimpulan atau verifikasi
data.
Hasil Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Apa budaya religius di
SMKN 1 Gempol Kabutaen Pasuruan, 2) bagaimana implementasi pembelajaran
PAI kurikulum merdeka dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol
Kabupaten Pasuruan, 3) bagaimana model pembelajaran PAI kurikulum merdeka
dalam meningkatkan budaya religius di SMKN 1 Gempol Kabupaten Pasuruan.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan model
dan tindak lanjut dari kegiatan guru dalam meningkatkan budaya religius di SMKN
1 Gempol Kabupaten Pasuruan.
Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran PAI kurikulum
merdeka dalam meningkatkan budaya religius dilakukan melalui kegiatan yang
juga mencakup spiritual dan pendidikan religi, anak tidak hanya mendapatkan
tentang ilmu Agama disekolah melainkan mengimplementasikanya dalam
kehidupan sehari-hari. Adapun bentuk kegiatan religi yang ada di SMKN 1 Gempol
meliputi, pembacaan istighotsah yang dilakukan setiap hari senin pagi yang dilanjut
dengan kultum oleh guru PAI, disini dengan tujuan memohon pertolongan dari
Allah dan mendekatkan diri kepada Allah. Implementasi kegiatan tersebut sudah
melaksanakan sesuai prosedur yang dibuat dalam perencanaan, pada pelaksanaanya
didukung dengan sarana seperti, musholla, halaman sekolah dan kelas adapun
beberapa metode yang dipakai oleh guru yaitu metode, kebiasaan, kedisiplinan, keteladanan. Model dan tindak lanjut yang dilakukan guru dalam merancang
kegiatan budaya religius yaitu melalui kegiatan yang dilaksanakan guru PAI,
adapun kegiatan yang dibuat oleh guru PAI sendiri yang mana kegiatan tersebut
meliputi kegiatan mingguan, harian, bulanan