Show simple item record

dc.contributor.authorGalela, Afrizal
dc.date.accessioned2024-05-06T03:14:39Z
dc.date.available2024-05-06T03:14:39Z
dc.date.issued2024-02-07
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9454
dc.description.abstractProfil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar bangsa Indonesia sebagai sosok yang memegang teguh prinsip pelajar sepanjang hayat, dimana memiliki kompetensi global dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila dengan 6 dimensi diantaranya: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi, fenomenanya generasi muda adalah ladang investasi yang paling mudah untuk dipengaruhi dengan ideologi intoleransi atau anti pancasila. Tujuan peniliatn adalah untuk mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi internalisasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran pendidikan agama islaam untuk meningkatkan keterampilan abad 21 di SMAN 3 Malang. Peneliti sendiri menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung, proses lebih dipentingkan dari pada hasil. Adapun jenis penelitian ini adalah studi kasus, yakni strategi penelitian yang di dalamnya peneliti menyelidiki secara cermat suatu peristiwa, aktivitas, proses atau sekelompok individu. Untuk dapat memperoleh data dan informasi sebagai bahan utama yang sangat relevan dan objektiv, maka dalam penelitin ini tentunya menggunakan beberapa metode dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada teknik analisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pada tahap pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil temuan penelitian yang pertama mencakup aspek perencanaan berupa Guru PAI di SMAN 3 Malang berhasil menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Perencanaan mencakup pemilihan tema, dimensi pembelajaran, alokasi waktu, dan strategi evaluasi yang terkait dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam hal pelaksanaanya dimensi pembelajaran dirancang untuk mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik guna mendukung pengembangan keterampilan abad 21. Sedangkan dalam hal evaluasi, Proses evaluasi mencakup penilaian beragam seperti ujian, proyek kolaboratif, dan refleksi, yang diarahkan untuk mengukur perkembangan keterampilan abad 21 siswaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectInternalisasien_US
dc.subjectProfil Pelajar Pancasilaen_US
dc.titleInternalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Di SMAN 3 Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record