Analisis Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Berkeadaban dalam Pendidikan Islam Multikultural

Show simple item record

dc.contributor.author Sayekti, Habib Rachman
dc.date.accessioned 2024-05-06T03:32:38Z
dc.date.available 2024-05-06T03:32:38Z
dc.date.issued 2024-02-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9462
dc.description.abstract Peran dari pendidikan Islam multikultural sendiri tidak lain adalah memanusiakan manusia, dalam konteks ini terhadap aspek keaagamaan bersifat horizontal yaitu hablum minannas sebagai arti hubungan sesama manusia dalam bentuk kesosialan. Ini sangat relevan dengan kehadiran dimensi profil pelajar rahmatan lil alamin yang merupakan istilah yang dicetuskan oleh Kementerian Agama yang berfokus pada internalisasi moderasi beragama. Peneliti merumuskan fokus dalam penelitian ini yakni terkait konsep dan karateristik untuk mengimplementasikan profil pelajar rahmatan lil alamin berkeadaban dalam pendidikan Islam multikultural. Dalam penelitian ini penulis mengenakan pendekatan kualitatif, yang merupakan penelitian sistematis yang berfungsi untuk mengkaji dan meneliti sebuah obyek terhadap latar ilmiah yang faktual serta tanpa pengujian hipotesis dan berjenis library research yaitu penelitian yang bersumber serta penemuannya dengan menggunakan literatur yang berasal dari buku dan laporan hasil penelitian. Metode analisis data meliputi analisis deskriptiv, komparativ analisis dan content analisis. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama meliputi konsepannya, yaitu nilai-nilai yang egaliter serta mendalami aspek-aspek seubtansi pendidikan Islam merupakan sebuah misi untuk direalisasikan dan upaya untuk perserta didik dalam merawat tradisi serta menumbuhkan gagasan beragama yang ramah dan moderat. Kemudian kedua terkait karakteristik, yaitu menginternalisasikan subtansi dalam berkehidupan yang menjadi jati diri nasional, kemoderatan serta sikap nasioanalis dan menunjukkan sikap sopan santun kepada siapapun, menghormati serta menghargai yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Dan yang terakhir adalah pengimplementasiaan, terdapat tiga tahap yaitu perencanaan, berupa analisis kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran. Kemudian tahap kedua berupa pelaksanaan, yaitu guru diharapkan lebih kreatif dalam pembelajaran atau kegiatan. Dan yang terakhir adalah evaluasi, dengan menilai kinerja, mata pelajaran, atau program dibandingkan dengan tujuan atau capaian pembelajaran tertentu. Kata Kunci : Konsep, Karakteristik, Tujuan, Moderat, Implementasi Pembelajaran en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Konsep en_US
dc.subject Karakteristik en_US
dc.subject Tujuan en_US
dc.subject Moderat en_US
dc.subject Implementasi Pembelajaran en_US
dc.title Analisis Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Berkeadaban dalam Pendidikan Islam Multikultural en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account