Show simple item record

dc.contributor.authorSayekti, Habib Rachman
dc.date.accessioned2024-05-06T03:32:38Z
dc.date.available2024-05-06T03:32:38Z
dc.date.issued2024-02-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9462
dc.description.abstractPeran dari pendidikan Islam multikultural sendiri tidak lain adalah memanusiakan manusia, dalam konteks ini terhadap aspek keaagamaan bersifat horizontal yaitu hablum minannas sebagai arti hubungan sesama manusia dalam bentuk kesosialan. Ini sangat relevan dengan kehadiran dimensi profil pelajar rahmatan lil alamin yang merupakan istilah yang dicetuskan oleh Kementerian Agama yang berfokus pada internalisasi moderasi beragama. Peneliti merumuskan fokus dalam penelitian ini yakni terkait konsep dan karateristik untuk mengimplementasikan profil pelajar rahmatan lil alamin berkeadaban dalam pendidikan Islam multikultural. Dalam penelitian ini penulis mengenakan pendekatan kualitatif, yang merupakan penelitian sistematis yang berfungsi untuk mengkaji dan meneliti sebuah obyek terhadap latar ilmiah yang faktual serta tanpa pengujian hipotesis dan berjenis library research yaitu penelitian yang bersumber serta penemuannya dengan menggunakan literatur yang berasal dari buku dan laporan hasil penelitian. Metode analisis data meliputi analisis deskriptiv, komparativ analisis dan content analisis. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama meliputi konsepannya, yaitu nilai-nilai yang egaliter serta mendalami aspek-aspek seubtansi pendidikan Islam merupakan sebuah misi untuk direalisasikan dan upaya untuk perserta didik dalam merawat tradisi serta menumbuhkan gagasan beragama yang ramah dan moderat. Kemudian kedua terkait karakteristik, yaitu menginternalisasikan subtansi dalam berkehidupan yang menjadi jati diri nasional, kemoderatan serta sikap nasioanalis dan menunjukkan sikap sopan santun kepada siapapun, menghormati serta menghargai yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda. Dan yang terakhir adalah pengimplementasiaan, terdapat tiga tahap yaitu perencanaan, berupa analisis kebutuhan pembelajaran, perumusan tujuan pembelajaran dan strategi pembelajaran. Kemudian tahap kedua berupa pelaksanaan, yaitu guru diharapkan lebih kreatif dalam pembelajaran atau kegiatan. Dan yang terakhir adalah evaluasi, dengan menilai kinerja, mata pelajaran, atau program dibandingkan dengan tujuan atau capaian pembelajaran tertentu. Kata Kunci : Konsep, Karakteristik, Tujuan, Moderat, Implementasi Pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKonsepen_US
dc.subjectKarakteristiken_US
dc.subjectTujuanen_US
dc.subjectModeraten_US
dc.subjectImplementasi Pembelajaranen_US
dc.titleAnalisis Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin Berkeadaban dalam Pendidikan Islam Multikulturalen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record