Show simple item record

dc.contributor.authorMaulidiyah, Vila
dc.date.accessioned2024-05-06T03:33:55Z
dc.date.available2024-05-06T03:33:55Z
dc.date.issued2024-03-28
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9464
dc.description.abstractPenelitian ini di latarbelakangi oleh peserta didik yang menggunakan handphone didalam kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung. Karena hal itu dapat mengganggu konsentrasi peserta didik dalam belajar dan dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik menurun. Sebagaimana penelitian yang telah dilakukan Marini (2019) bahwasannya penggunaan media sosial khususnya kalangan pelajar membawa dampak negatif, mereka banyak menghabiskan waktu dirumah dengan bermain handphone terutama menggunakan media sosial TikTok. Akibatnya, mereka seringkali lupa akan pentingnya waktu untuk belajar dan menyebabkan hasil belajar menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) intensitas penggunaan media sosial tiktok pada siswa kelas XI SMAN 8 Malang 2) hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 8 Malang 3) mengetahui pengaruh intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI SMAN 8 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI 1, XI 3, XI 4 dengan jumlah 108 siswa. Teknik sampling penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan menggunakan rumus slovin diperoleh sampel penelitian sebanyak 85 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner terkait dengan intensitas penggunaan media sosial TikTok, sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari dokumentasi nilai UAS semester ganjil pada mata pelajaran PAI tahun pelajaran 2023/2024. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif meliputi mean, median, modus, dan standar deviasi, kemudian uji prasyarat meliputi uji normalitas dan linieritas dan uji hipotesis dengan regresi linear sederhana serta uji T. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa 1) Intensitas penggunaan media sosial TikTok pada siswa kelas XI di SMAN 8 Malang tahun pelajaran 2023/2024 termasuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 52 siswa atau 61,2%. 2) Hasil belajar PAI kelas XI SMAN 8 Malang tahun pelajaran 2023/2024 berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 59 siswa atau 69,4%. 3) Terdapat pengaruh signifikan Intensitas penggunaan media sosial TikTok terhadap hasil belajar PAI siswa kelas XI di SMAN 8 Malang dibuktikan dengan nilai thitung sebesar 3.064 > 1,989, dan nilai probabilitas (p) 0,003 = 0,003 < 0,05. Kata kunci : Intensitas, TikTok, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectIntensitasen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectTikToken_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMAN 8 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record