Show simple item record

dc.contributor.authorBZ, Zakiyah
dc.date.accessioned2024-05-08T01:39:15Z
dc.date.available2024-05-08T01:39:15Z
dc.date.issued2023-10-30
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9483
dc.description.abstractPenelitian ini membahas tentang implementasi pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo dengan fokus penelitian yaitu: 1). Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam multikultural yang ada di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 2). Bagaimana implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah yang ada di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. 3). Bagaimanan model implementsi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah snawball sampling. Adapun sumber data yang di gunakan adalah berupa data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles dan Huberman & Saldana. Hasil penelitian lapangan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1. Nilai-nilai pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah ada sebelas item yaitu: Ta’aruf, tawazun, tawasuth, ta’awun, tasamuh, i’tidal, al-musawa, syura, al ishlah, al-tathawur wa al-ibtikar, al-tahadhur. 2. Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah di Universitas Nurul Jadid adalah melalui penerapa, strategi dan pendekatan sebagai berikut: a). Peminatan melalui Pendekatan Saintifik kontektual berupa kegiatan sekolah demokrasi dan pembinaan santri patriot panji pelopor. b). Program MBKM Santri melalui pendekatan transformatif berbasis kompetensi c). Program pembinaan tamhidiyah melalui pendekatan antroposentries-integratif melalui, pemintan dan belajar mandiri. 3. Model implementasi nilai-nilai pendidikan Islam multikultural berwawasan wasathiyah di Universitas Nurul Jadid berupa a). model integrasi berbasis pembinaan (content integration). b). Model internalisasi berbasis panca kesadaran dan trilogi pesantren Nurul Jadid ( konsep 53). c). Model habituasi berbasis Role model (teladan). Hal ini selaras dengan teori James Banks tentang lima dimensi pendidikan multikultural yang dapat di gunakan dalam proses implementasi pembelajaran salah satunya dengan pendekatan model integratif dan model mikanis yaitu pendidikan agama sebagai sumber nilai sementara pelaksanaan dalam mata ajar adalah pengembangan dari nilai-nilai agama tersebut. Temuan penelitian ini memiliki proposisi dan kebaharuan 1. Nilai-nilai tersebut memberi penguatan terhadap teori Prof. Tholhah tentang nilai-nilai pendidikan Islam multikultural dan mengkonstruksinya sesuai dengan konsep Abdullah Aly tentang nilai –nilai wasathiyah yaitu I’tidal (tegas) , musawa (egaliter), Syura (musyawarah), Ishlah (reformasi), al-tathowur wa al ibtikar (dinamis dan inovatif), al-tahadhur (berkeadaban). Temuan penelitian ini juga memperkuat model implementasi nilai nilai pendidikan Islam multikultural melalui model integrasi berbasis peminatan, model internalisasi berbasis panca kesadaran dan trilogi santri pondok pesantren Nurul Jadid dalam mengkonstruk implementasi pendidikan Islam multikultural yang dikemas dalam kegiatan pembinaan keagamaan melalui program tamhdiyah, peminatan dan belajar mandiri dan model habituasi berbasis role model (teladan).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKonsep Wasathiyahen_US
dc.subjectKonsep Implementasien_US
dc.titleImplementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Wasathiyah Di Universitas Nurul Jadid Paiton Probolinggoen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record