dc.description.abstract | Ketrampilan menulis cerita pendek adalah kegiatan kompleks yang perlu di ajarkan kepada peserta didik. Untuk itu yang dibutuhkan peserta didik tidak hanya teori yang berkaitan pengertian, struktur, dan unsur pembentuk cerpen. Namun juga dibutuhkan dorongan berupa stimulus yaitu penggunaan media yang dapat membantu mereka menumbuhkan kreativitas dan proses imajinasi, berupa gagasan, pendapat, ide, inspirasi yang selanjutnya menghasilkan kaya cerita pendek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo yang digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek peserta didik kelas XI Teknik SMAN 1 Kraksaan. Potensi penggunaan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo dalam menulis cerita pendek dapat membantu menumbuhkan ide dan inspirasi peserta didik sehingga proses imajinasi dan kreativitas berlangsung dengan baik dalam pembelajaran. Selain itu dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis cerita pendek yang di dalamnya mengandung folklor berupa tradisi, kepercayaan, cerita rakyat. Pada proses ini secara tidak langsung peserta didik menyuarakan kebudayaan yang ada di Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan jenis kuasi eksperimen atau Quasi Eksperimental desain One Grub Pretest-Posstest Design yaitu rancangan satu kelompok dilakukan pra dan pasca perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 1 Kraksaan yang berjumlah 348 peserta didik yang terbagi dalam 10 kelas. Sampel yang dipilih pada penelitian ini sebagai kelas eksperimen menggunakan Cluster Random Sampling. Berdasarkan banyaknya populasi kelas XI SMAN 1 Kraksaan berjumlah 348 peserta didik yang terdiri dari 10 kelas. Sampel yang terpilih pada penelitian ini adalah kelas XI Teknik 2 total 30 peserta didik, 10 peserta didik perempuan dan 20 peserta didik laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah memberikan tes tulis kepada peserta didik yang selanjutnya di proses dengan bantun program SPSS 20.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas XI Teknik SMAN 1 Kraksaan penggunaan media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo efektif digunakan dalam pembelajaran cerita pendek. Hal ini dapat dirincikan pada hasil analisis deskriptif peserta didik. Kegiatan pretest peserta didik mendapatkan nilai rata-rata sebesar 62, 83, setelah mendapatkan perlakuan hasil menulis cerita pendek peserta didik pada tahap posttest meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 85,33 . berdasarkan hasil uji-t sampel berpasangan (paired sampel t test) nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00<0,05. Hasil Paired Sampel Test dapat dinyatakan Ho ditolak an HI diterima. Pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa media folklor bermuatan lumbung pengetahuan Probolinggo efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek kelas XI Teknik SMAN 1 Kraksaan Probolinggo.
Kata Kunci: Efektivitas, Media, Folklor, Lumbung Pengetahuan, Keterampilan Menulis, Cerita Pendek | en_US |