dc.description.abstract | Pendahuluan: Pembelajaran praktikum di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dinilai sudah terealisasi dengan baik, namun ada beberapa masalah yang sering dijumpai seperti terbatasnya ketersediaan tutor praktikum sehingga mengakibatkan tidak idealnya perbandingan antara tutor dan mahasiswa dalam pembagian kelompok. Oleh karena itu metode PAL ini merupakan suatu solusi yang diharapkan dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. PAL merupakan pendekatan pembelajaran menggunakan peer tutor. Peer tutor sendiri berasal dari mahasiswa yang memenuhi syarat sehingga berkompeten untuk membimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Peer Assisted Learning pada pembelajaran praktikum kimia terhadap nilai responsi dan nilai blok Mechanism Of Disease mahasiswa.
Metode: Metode penelitian ini adalah studi quasi-experiment one-group pretest-posttest design. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon dan uji regresi logistik. Sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 114 orang. Instrumen intervensi yang diberikan berupa metode PAL pada pembelajaran praktikum. Tingkat kemampuan kognitif pada pembelajaran praktikum ini diukur menggunakan pretest-posttest dan mengukur nilai responsi dan nilai blok.
Hasil: Hasil kemampuan kognitif pada pembelajaran praktikum dengan metode PAL adalah nilai posttest (mean=96,6) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest (mean=75,2). Hasil nilai responsi didapatkan rata-rata nilai kurang (68%). Hasil uji Wilcoxon pretest-posttest didapatkan Sig=0,000 (p<0,05), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran praktikum dengan metode PAL. Hasil uji regresi logistik nilai posttest terhadap nilai responsi (p=0.099) maka tidak terdapat korelasi yang signifikan. Hasil uji regresi logistik nilai posttest terhadap nilai blok (p=0.038) maka terdapat korelasi yang signifikan.
Kesimpulan: Metode Peer Assisted Learning (PAL) dalam pembelajaran praktikum kimia berkorelasi secara signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa, namun tidak ada korelasi secara signifikan terhadap nilai responsi. Tetapi memiliki korelasi yang signifikan terhadap nilai blok.
Kata kunci: Peer Assisted Learning (PAL);nilai responsi; nilai blok | en_US |