View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Medicine
  • UT - Medical Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Peer Asissted Learning dalam Praktikum Kimia Terhadap Nilai Responsi dan Nilai Blok Mechanism of Disease Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Thumbnail
View/Open
Fulltext (1.980Mb)
Publish (1.870Mb)
Date
2023-10-14
Author
Risqita, Ineke
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendahuluan: Pembelajaran praktikum di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang dinilai sudah terealisasi dengan baik, namun ada beberapa masalah yang sering dijumpai seperti terbatasnya ketersediaan tutor praktikum sehingga mengakibatkan tidak idealnya perbandingan antara tutor dan mahasiswa dalam pembagian kelompok. Oleh karena itu metode PAL ini merupakan suatu solusi yang diharapkan dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. PAL merupakan pendekatan pembelajaran menggunakan peer tutor. Peer tutor sendiri berasal dari mahasiswa yang memenuhi syarat sehingga berkompeten untuk membimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode Peer Assisted Learning pada pembelajaran praktikum kimia terhadap nilai responsi dan nilai blok Mechanism Of Disease mahasiswa. Metode: Metode penelitian ini adalah studi quasi-experiment one-group pretest-posttest design. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon dan uji regresi logistik. Sampel menggunakan purposive sampling dengan responden sebanyak 114 orang. Instrumen intervensi yang diberikan berupa metode PAL pada pembelajaran praktikum. Tingkat kemampuan kognitif pada pembelajaran praktikum ini diukur menggunakan pretest-posttest dan mengukur nilai responsi dan nilai blok. Hasil: Hasil kemampuan kognitif pada pembelajaran praktikum dengan metode PAL adalah nilai posttest (mean=96,6) lebih tinggi dibandingkan dengan nilai pretest (mean=75,2). Hasil nilai responsi didapatkan rata-rata nilai kurang (68%). Hasil uji Wilcoxon pretest-posttest didapatkan Sig=0,000 (p<0,05), menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah pembelajaran praktikum dengan metode PAL. Hasil uji regresi logistik nilai posttest terhadap nilai responsi (p=0.099) maka tidak terdapat korelasi yang signifikan. Hasil uji regresi logistik nilai posttest terhadap nilai blok (p=0.038) maka terdapat korelasi yang signifikan. Kesimpulan: Metode Peer Assisted Learning (PAL) dalam pembelajaran praktikum kimia berkorelasi secara signifikan terhadap kemampuan kognitif mahasiswa, namun tidak ada korelasi secara signifikan terhadap nilai responsi. Tetapi memiliki korelasi yang signifikan terhadap nilai blok. Kata kunci: Peer Assisted Learning (PAL);nilai responsi; nilai blok
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9557
Collections
  • UT - Medical Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group