Show simple item record

dc.contributor.authorKomariah, Siti
dc.date.accessioned2020-12-19T03:37:15Z
dc.date.available2020-12-19T03:37:15Z
dc.date.issued2020-06-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/955
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi guru sangat berpengaruh dalam implementasi Kurikulum 2013. Ini dikarenakan guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya kemampuan guru dalam pemahaman, penerapan kurikulum yang menjadi perlunya kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kompetensi yang dimiliki guru dalam implementasi kurikulum 2013 mulai dari perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi hasil belajar (Studi Kasus Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Jabung) Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru kelas dalam perencanaan pembelajaran implmentasi Kurikulum 2013, mendeskripsikan kompetensi guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran implementasi Kurikulum 2013 dan mendeskripsikan kompetensi guru kelas dalam evaluasi pembelajaran implemntasi kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini terdapat empat subjek penelitian yaitu, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru kelas III dan VI. Hasil penelitian di MI Miftahul Huda Jabung, (1) Pemahaman guru MI Miftahul Huda Jabung mengenai Implementasi Kurikulum 2013 sudah sesuai dengan standar pendidikan nasional. Pemahaman seorang guru untuk melaksanakan kompetnsi- kompetensi yang dimilikinya, guru harus bisa memahami bagaimana proses pembelajaran berlangsung. (2) Kompetensi guru kelas pada perencanaan pembelajaran, guru kelas merasa diringankan dalam kegiatan pembelajaran yakni pada penyusunan RPP telah disediakan oleh pemerintah, Meskipun demikian, guru kelas tetap menyusun RPP secara mandiri untuk dikembangakan dan disesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Dalam penyusunan RPP terdpat perbedaan format penyusunan antar guru kelas dalam hal urutan komponen RPP.(3) Sedangkan kompetensi guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran, guru merasa lebih praktis dan efisien dalam menyampaikan materi karena adanya pembelajaran tematik. Akan tetapi, guru kelas masih kesulitan mengaitkan muatan materi anatar mata pelajaran. Pada implementasi pendekatan saintifik guru kelas memiliki persepsi bahwa pengalaman belajara pada pendekatan saintifik masih perlu disesuaikan dengan materi dan kompetensi yang akan dicapai. (4) Adapun kompetensi guru terkat dengan evaluasi pembelajaran Kurikulum 2013 guru merasa terbebani dengan banyaknya penilaian dalam Kurikulum 2013. Namun, guru tetap berupaya memberikan penilaian yang obyektif dan tidak direkayasa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKompetensi Guruen_US
dc.subjectKurikulum 2013en_US
dc.titleKompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di MI Miftahul Huda Sukolilo Jabung. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record