dc.description.abstract | Pendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia pada masa mendatang,
oleh karena itu pendidikan digunakan sebagai pilar utama dalam membangun
kehidupan yang lebih baik bagi setiap individu di dunia ini. Hal ini membuat
pemerintah Indonesia memberi perhatian yang lebih dalam dunia Pendidikan,
yang mana diwujudkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasioal. Maka,
untuk mewujudkan pendidikan yang baik bagi semua masyarakat khususnya
siswa, maka salah satu caranya ialah dibutuhkan kreatifitas guru dalam mengajar,
khususnya pada pemilihan metode pembelajaran. Pembelajaran yang kreatif,
inovatif, nyaman, dan menyenangkan merupakan sebuah pembelajaran yang akan
membantu dalam mencapai tujuan pendidikan dengan menyenangkan dan mudah
bagi siswa. salah satu metode yang dapat melibatkan siswa secara aktif, kreatif
inovatif dan menyenangkan adalah metode Metode Quick on The Draw. Dengan
diterapkannya metode Metode Quick on The Draw, maka diharapkan siswa dapat
mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang mudah, tidak membosankan dan
menyenangkan. Tujuan pendidikan sudah tercapai dapat dibuktikan melalui
prestasi belajar setiap siswa.
Berdasarkan latar belakang penelitian, maka peneliti merumuskan
masalah, yakni : 1) Perencanaan Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak
siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang 2) Pelaksanaan metode
Quick on The Draw pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid
Hasyim 02 Dau Malang 3) Kendala implementasi pembelajaran aqidah akhlak
dengan metode Quick on The siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau
Malang. Sebagaimana tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan
perencanaan Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI
Wahid Hasyim 02 Dau Malang 2) ) untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode
Quick on The Draw pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid
Hasyim 02 Dau Malang 3) untuk mendiskripsikan kendala implementasi
pembelajaran aqidah akhlak dengan metode Quick on The siswa kelas III A MI
Wahid Hasyim 02 Dau Malang
vi
Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini
adalah menggunakan penekatan kualitatif deskriptif berupa kata-kata tertulis atau
lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang
dipakai dalam penelitian tersebut adalah studi kasus. Dalam hal ini peneliti terjun
langsung kelapanagan untuk mengumpulkan data.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam rangka untuk
mendapatkan data yang akurat untuk menyusun skripsi ini menggunkan prosedur
dalam penelitian antara lain : Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi.
Sedangkan metode analisis yang digunakan melalui tiga komponen yaitu reduksi
data, penjyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan penrapan metode
pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III A di MI Wahid
Hasyim 02 Dau Malang yaitu dengan menyusun RPP dengan menganalisis KIKD, materi pembelajaran, karakter peserta didik, serta situasi belajar siswa
kemudian dijabarkan ke dalam RPP. Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak
dengan Metode Quick on The Draw Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim 02 Dau
Malang berjalan dengan baik sesuai harapan, serta metode ini relevan dalam
pembelajaran Aqidah Akhlak tersebut. Dalam penerapan metode ini siswa
mengalamai kemajuan dalam mengingat dan bergerak aktif bekerja sama
dalamproses pembelajaran dari pada sebelumnya walau tidak semua nya
mengalamai kemajuan. Kendala implementasi pembelajaran aqidah akhlak
Metode Quick on The Draw Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim 02 Dau yaitu
kurangnya pemantauan guru terhadap peserta didik disetiap kelompok karena
guru harus memantau kartu set yang ada di meja guru. Ada siswa yang masih
cenderung pasif di dalam kelompok. Kurangnya fasilitas yang disediakan oleh
pihak sekolah seperti, LCD yang masih bergantian dengan Mts sehingga guru
tidak dapat menggunakan setiap pembelajaran jika diperlukan.
Berdasarkan penemuan diatas dapat disimpulkan seperti yang diketahui
bahwa perencanaan penerapan metode pembelajaran Aqidah Akhlak dengan
dengan menyusun RPP dengan menganalisis KI-KD, materi pembelajaran,
karakter peserta didik, serta situasi belajar siswa kemudian dijabarkan ke dalam
RPP. Pelaksanaan penerapan Metode Quick on The Draw bisa memajukan siswa
dalam mengingat serta mempertajam ingatan dalam pembelajaran, pembelajaran
menjadi efektif dan efesien mengarahkan siswa untuk bekerja secara cepat di
dalam kelompok. Evaluasi dalam proses pembelajaran metode Quick on The
Draw menggunakan tiga jenis penelian yang dilakukan dengan teknik tes yaitu
lisan dan tertulis. | en_US |