Show simple item record

dc.contributor.authorMaulida, Ebita Yani
dc.date.accessioned2020-12-19T03:38:23Z
dc.date.available2020-12-19T03:38:23Z
dc.date.issued2020-06-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/957
dc.description.abstractPendidikan sangat penting bagi kehidupan manusia pada masa mendatang, oleh karena itu pendidikan digunakan sebagai pilar utama dalam membangun kehidupan yang lebih baik bagi setiap individu di dunia ini. Hal ini membuat pemerintah Indonesia memberi perhatian yang lebih dalam dunia Pendidikan, yang mana diwujudkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasioal. Maka, untuk mewujudkan pendidikan yang baik bagi semua masyarakat khususnya siswa, maka salah satu caranya ialah dibutuhkan kreatifitas guru dalam mengajar, khususnya pada pemilihan metode pembelajaran. Pembelajaran yang kreatif, inovatif, nyaman, dan menyenangkan merupakan sebuah pembelajaran yang akan membantu dalam mencapai tujuan pendidikan dengan menyenangkan dan mudah bagi siswa. salah satu metode yang dapat melibatkan siswa secara aktif, kreatif inovatif dan menyenangkan adalah metode Metode Quick on The Draw. Dengan diterapkannya metode Metode Quick on The Draw, maka diharapkan siswa dapat mencapai tujuan pendidikan dengan cara yang mudah, tidak membosankan dan menyenangkan. Tujuan pendidikan sudah tercapai dapat dibuktikan melalui prestasi belajar setiap siswa. Berdasarkan latar belakang penelitian, maka peneliti merumuskan masalah, yakni : 1) Perencanaan Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang 2) Pelaksanaan metode Quick on The Draw pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang 3) Kendala implementasi pembelajaran aqidah akhlak dengan metode Quick on The siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang. Sebagaimana tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan perencanaan Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang 2) ) untuk mendiskripsikan pelaksanaan metode Quick on The Draw pembelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang 3) untuk mendiskripsikan kendala implementasi pembelajaran aqidah akhlak dengan metode Quick on The siswa kelas III A MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang vi Pendekatan penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah menggunakan penekatan kualitatif deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian tersebut adalah studi kasus. Dalam hal ini peneliti terjun langsung kelapanagan untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam rangka untuk mendapatkan data yang akurat untuk menyusun skripsi ini menggunkan prosedur dalam penelitian antara lain : Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan melalui tiga komponen yaitu reduksi data, penjyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan penrapan metode pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas III A di MI Wahid Hasyim 02 Dau Malang yaitu dengan menyusun RPP dengan menganalisis KIKD, materi pembelajaran, karakter peserta didik, serta situasi belajar siswa kemudian dijabarkan ke dalam RPP. Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Metode Quick on The Draw Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim 02 Dau Malang berjalan dengan baik sesuai harapan, serta metode ini relevan dalam pembelajaran Aqidah Akhlak tersebut. Dalam penerapan metode ini siswa mengalamai kemajuan dalam mengingat dan bergerak aktif bekerja sama dalamproses pembelajaran dari pada sebelumnya walau tidak semua nya mengalamai kemajuan. Kendala implementasi pembelajaran aqidah akhlak Metode Quick on The Draw Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim 02 Dau yaitu kurangnya pemantauan guru terhadap peserta didik disetiap kelompok karena guru harus memantau kartu set yang ada di meja guru. Ada siswa yang masih cenderung pasif di dalam kelompok. Kurangnya fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah seperti, LCD yang masih bergantian dengan Mts sehingga guru tidak dapat menggunakan setiap pembelajaran jika diperlukan. Berdasarkan penemuan diatas dapat disimpulkan seperti yang diketahui bahwa perencanaan penerapan metode pembelajaran Aqidah Akhlak dengan dengan menyusun RPP dengan menganalisis KI-KD, materi pembelajaran, karakter peserta didik, serta situasi belajar siswa kemudian dijabarkan ke dalam RPP. Pelaksanaan penerapan Metode Quick on The Draw bisa memajukan siswa dalam mengingat serta mempertajam ingatan dalam pembelajaran, pembelajaran menjadi efektif dan efesien mengarahkan siswa untuk bekerja secara cepat di dalam kelompok. Evaluasi dalam proses pembelajaran metode Quick on The Draw menggunakan tiga jenis penelian yang dilakukan dengan teknik tes yaitu lisan dan tertulis.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAqidah Akhlaken_US
dc.subjectMetode Quick on The Drawen_US
dc.title. Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dengan Metode Quick on The Draw Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim 02 Dau Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record