Show simple item record

dc.contributor.authorKhausumah, Nuril
dc.date.accessioned2020-12-19T03:40:35Z
dc.date.available2020-12-19T03:40:35Z
dc.date.issued2020-07-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/959
dc.description.abstractMadrasah MINU maudlu’ul ulum purwantoro kecamatan blimbing kota malang menerapkan pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU dengan permasalahan yang ada pada madrasah MINU adalah adanya siswa yang sudah masuk pada jenjang MI belum bisa dan belum lancar membaca Al-Qur’an, dan adanya keluhan dari guru-guru yang mengempu pembelajaran yang berbasis bahasa arab. Seperti pembelajaran bahasa arab dan pembelajaran al-qur’an hadits pada surah-surah pendek. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah yakni tentang kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU maudlu’ul ulum purwantoro kcamatan blimbing kota malang, strategi pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU maudlu’ul ulum purwantoro kecamatan blimbing kota malang, dan faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawatii di MINU maudlu’ul ulum purwantoro kecamatan blimbing kota malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara,dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan teori miles, huberman dan saldana, dan pengecekkan keabsahan datanya menggunakan tringulasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan membaca siswa dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU, dalam membaca al-qur’an siswa MINU maudlu’ul ulum sudah memiliki kemampuan membaca yang bagus, hal ini terbukti dengan adanya para siswa dapat membaca al-qur’an dengan lancar dan juga sesuai dengan lancar dan juga sesuai dengan ketepatan kaidah ilmu tadjwid dan kesesuaian dalam membaca al-qur’an dengan makharijul huruf dan sebagian siswa dapat melisankan atau melaafalkan ayat-ayat al-qur’an atau surah-surah pendek dengan baik. (2) strategi pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU,dalam penerapan pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU ini telah menerapkan strategi pembelajaran al-qur’an dengan baik, adapun strategi yang digunakan dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU yaitu individual klasikal dan baca simak yang dimana guru menerangkan pokok pelajaran pada vii siswa atau santri, kemudian santri di tes satu persatu dan disimak oleh siswa lain. (3) faktor penghambat dan pendukung dalam pemeblajaran al-qur’an metode tilawati di MINU. Faktor pengahambatnya adalah kurangnya alokasi waktu dalam mengajar dan kurangnya sikap disiplin siswa dalam proese pembelajaran alqur’an metode tilawati. Sedangkan faktor pendukungnya adalah tersedianya fasilitas-fasilitas yang ada, adanya guru yang profesional dalam pemeblajaran al-qur’an dan adanya minat dan bakat siswa. Dapat disimpulan bahwa penerapan metode tilawati di MINU maudlu’ul ulum memiliki kemampuan membaca al-qur’an yang bagus. Adapun strategi yang di gunakan dalam penerapan pembelajaran al-qur’an metode tilawati MINU yaitu individual klasikal dan baca simak. Dan faktor penghambat dalam penerapan metode tilawati di MINU maudlu’ul ulum kurangnya sikap disiplin siswa, dan alokasi waktu dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawati di MINU. Disamping faktor penghambat adapula faktor pendukung dalam penerapan metode tilawati yaitu tersedianya fasilitas-fasilitas dalam pembelajaran yang mendukung, adanya guru-guru yang profesional dalam pembelajaran al-qur’an metode tilawati dan adanya minat dan bakat yang dimiliki siswa. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti yaitu tentang bagaimana para guru dan pihak sekolah menangani faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran al-qur’an metode tilawati maka sebaiknya guru dan wali santri dibuatkan jadwal pertemuan khusus dalam satu bulan atau satu semester, sehingga antara wali murid dan guru dapat komunikasi yang lebih intern mengenai pembelajaran alqur’an metode tilawati dan para guru dan wali murid. Kemudian pada faktor pengahambat yang kedua, dikarenakan kegiatan belajar mengajar al-qur’an metode tilawati dilakukan sebelum jam KBM sekolah/madrasah maka guru harus menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectAl-Qur’anen_US
dc.subjectMetode Tilawatien_US
dc.titleUpaya Penerapan Pembelajaran Al-Qur’an Metode Tilawati Di MINU Maudlu’ul Ulum Purwantoro Kecamatan Blimbing Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record