Show simple item record

dc.contributor.authorMu‟asyaroh, As’idatin
dc.date.accessioned2024-06-14T07:41:47Z
dc.date.available2024-06-14T07:41:47Z
dc.date.issued2024-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9710
dc.description.abstractDi SMA Islam Nusantara Malang banyak peserta didik yang belum mengetahui tentang Aswaja karena sebelumnya kebanyakan dari luar lembaga yang berlandaskan Nahdlatul Ulama‟. Semua lembaga pasti terdapat problem, sebagaimana di SMA Islam Nusantara ini masih banyak siswa kalau bicara kepada gurunya tidak sopan, ada yang pilih-pilih teman. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menguraikan 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pendidikan karakter berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada siswa SMA Islam Nusantara Malang yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), media pembelajaran power point, video dan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. menyusun berbagai program keagamaan yaitu sholat dhuha jamaah, sholat jamaah dhuhur dan sholat jamaah asar, stighosah, Tahlil, sholawat burdah dan yasin. PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). penanaman nilai tawasuth, tasamuh, tawazun, dan amar ma‟ruf nahi munkar. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa SMA Islam Nusantara yaitu pertama, Implementasi intrakurikurel dengan cara memberikan pengetahuan tentang Ahlussunnah Wal-Jama‟ah an-Nahdliyah, nilai-nilai yang terdiri dari tawasuth, tawazun, tasamuh dan amar ma'ruf nahi munkar, ibadah maupun tauhidnya melalui proses pembelajaran Aswaja ke-NU-an. Kedua, implementasi ekstrakurikurel yaitu melalui kegiatan keagamaan yang ada disekolah Ketiga, implementasi kokurikuler yaitu praktik lapang dengan kegiatan bakti sosial, bagi-bagi takjil dan membuat modul ramadhan (ramadhan planner). 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa SMA Islam Nusantara melalui tiga strategi yaitu pertama, intrakurikuler bahwa evaluasi yang dilaksanakan melalui penilaian ujian tulis, ujian lisan dan penilaian sikap kepada peserta didik. Kedua, ekstrakurikuler yaitu mengasah keterampilan dan melalui penilaian sikap. Ketiga, kokurikuler yaitu dengan adanya pembinaan langsung dari kepala sekolah dengan guru Aswaja serta layanan konseling untuk peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendikan Karakteren_US
dc.subjectAswajaen_US
dc.titlePendidikan Karakter Berbasis Aswaja Melalui Kegiatan Amaliyah NU di SMA Islam Nusantara Malangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record