Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja Melalui Kegiatan Amaliyah NU di SMA Islam Nusantara Malang
Abstract
Di SMA Islam Nusantara Malang banyak peserta didik yang belum
mengetahui tentang Aswaja karena sebelumnya kebanyakan dari luar lembaga
yang berlandaskan Nahdlatul Ulama‟. Semua lembaga pasti terdapat problem,
sebagaimana di SMA Islam Nusantara ini masih banyak siswa kalau bicara
kepada gurunya tidak sopan, ada yang pilih-pilih teman.
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menguraikan 1)
Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui
Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 2)
Pelaksanaan Pendidikan Karakter Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan
Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 3) Evaluasi Pendidikan
Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada
Siswa SMA Islam Nusantara Malang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pendidikan
karakter berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada siswa SMA Islam Nusantara Malang
yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Program
Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), media pembelajaran power point,
video dan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. menyusun berbagai
program keagamaan yaitu sholat dhuha jamaah, sholat jamaah dhuhur dan sholat
jamaah asar, stighosah, Tahlil, sholawat burdah dan yasin. PHBN (Peringatan
Hari Besar Nasional) dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). penanaman nilai
tawasuth, tasamuh, tawazun, dan amar ma‟ruf nahi munkar. 2) Pelaksanaan
Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa SMA Islam
Nusantara yaitu pertama, Implementasi intrakurikurel dengan cara memberikan
pengetahuan tentang Ahlussunnah Wal-Jama‟ah an-Nahdliyah, nilai-nilai yang
terdiri dari tawasuth, tawazun, tasamuh dan amar ma'ruf nahi munkar, ibadah
maupun tauhidnya melalui proses pembelajaran Aswaja ke-NU-an. Kedua,
implementasi ekstrakurikurel yaitu melalui kegiatan keagamaan yang ada
disekolah Ketiga, implementasi kokurikuler yaitu praktik lapang dengan kegiatan
bakti sosial, bagi-bagi takjil dan membuat modul ramadhan (ramadhan planner).
3) Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa
SMA Islam Nusantara melalui tiga strategi yaitu pertama, intrakurikuler bahwa
evaluasi yang dilaksanakan melalui penilaian ujian tulis, ujian lisan dan penilaian
sikap kepada peserta didik. Kedua, ekstrakurikuler yaitu mengasah keterampilan
dan melalui penilaian sikap. Ketiga, kokurikuler yaitu dengan adanya pembinaan
langsung dari kepala sekolah dengan guru Aswaja serta layanan konseling untuk
peserta didik.