View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja Melalui Kegiatan Amaliyah NU di SMA Islam Nusantara Malang

Thumbnail
View/Open
PEMBELAJARAN KARAKTER BERBASIS ASWAJA.pdf (4.119Mb)
S2_MPAI_22102011011_AS'IDATIN MU'ASYAROH.pdf (1.759Mb)
Date
2024-01-13
Author
Mu‟asyaroh, As’idatin
Metadata
Show full item record
Abstract
Di SMA Islam Nusantara Malang banyak peserta didik yang belum mengetahui tentang Aswaja karena sebelumnya kebanyakan dari luar lembaga yang berlandaskan Nahdlatul Ulama‟. Semua lembaga pasti terdapat problem, sebagaimana di SMA Islam Nusantara ini masih banyak siswa kalau bicara kepada gurunya tidak sopan, ada yang pilih-pilih teman. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menguraikan 1) Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah Melalui Kegiatan Amaliyah NU pada Siswa SMA Islam Nusantara Malang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan pendidikan karakter berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada siswa SMA Islam Nusantara Malang yaitu penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), silabus, Program Tahunan (Prota), Program Semester (Promes), media pembelajaran power point, video dan metode pembelajaran ceramah dan diskusi. menyusun berbagai program keagamaan yaitu sholat dhuha jamaah, sholat jamaah dhuhur dan sholat jamaah asar, stighosah, Tahlil, sholawat burdah dan yasin. PHBN (Peringatan Hari Besar Nasional) dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). penanaman nilai tawasuth, tasamuh, tawazun, dan amar ma‟ruf nahi munkar. 2) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa SMA Islam Nusantara yaitu pertama, Implementasi intrakurikurel dengan cara memberikan pengetahuan tentang Ahlussunnah Wal-Jama‟ah an-Nahdliyah, nilai-nilai yang terdiri dari tawasuth, tawazun, tasamuh dan amar ma'ruf nahi munkar, ibadah maupun tauhidnya melalui proses pembelajaran Aswaja ke-NU-an. Kedua, implementasi ekstrakurikurel yaitu melalui kegiatan keagamaan yang ada disekolah Ketiga, implementasi kokurikuler yaitu praktik lapang dengan kegiatan bakti sosial, bagi-bagi takjil dan membuat modul ramadhan (ramadhan planner). 3) Evaluasi Pendidikan Karakter Berbasis Aswaja an-Nahdliyah pada Siswa SMA Islam Nusantara melalui tiga strategi yaitu pertama, intrakurikuler bahwa evaluasi yang dilaksanakan melalui penilaian ujian tulis, ujian lisan dan penilaian sikap kepada peserta didik. Kedua, ekstrakurikuler yaitu mengasah keterampilan dan melalui penilaian sikap. Ketiga, kokurikuler yaitu dengan adanya pembinaan langsung dari kepala sekolah dengan guru Aswaja serta layanan konseling untuk peserta didik.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9710
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group