Show simple item record

dc.contributor.authorNardiyana, Khristin Sri Utami
dc.date.accessioned2024-06-24T06:10:15Z
dc.date.available2024-06-24T06:10:15Z
dc.date.issued2024-02-19
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9766
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Blitar untuk materi teks biografi belum terlaksana dengan baik disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang belum bervariasi. Bahan ajar untuk materi teks biografi perlu dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar disajikan untuk menarik siswa dalam bentuk peta konsep dan rangkuman disertai gambar serta QR code yang mengandung tautan menuju materi yang lebih lengkap. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar, (2) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar, dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar. Pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tiga tahap, yaitu 1) analisis kebutuhan sebagai studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, dan 3) uji kelayakan produk akhir. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa (1) penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 97,2% dengan kategori “sangat layak”, (2) penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 95,8% dengan kategori “sangat layak”, (3) penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 91.67% dengan kategori “sangat layak”; (4) penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 92,5% dengan kategori “sangat layak”, (5) penilaian praktisi, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 94,1% dengan kategori “sangat layak”, dan (6) penilaian peserta didik, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 89,3% dengan kategori “sangat layak”. Dengan perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaranen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectbahan ajaren_US
dc.subjectQR Coden_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Infografik Berbantu QR Code untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Blitaren_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record