View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Indonesian Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Infografik Berbantu QR Code untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Blitar

Thumbnail
View/Open
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS BIOGRAFI BERBASIS INFOGRAFIK BERBANTU QR CODE.pdf (3.852Mb)
S2_MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA_22102071011_KHRISTIN SRI UTAMI NARDIYANA.pdf (1.410Mb)
Date
2024-02-19
Author
Nardiyana, Khristin Sri Utami
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Blitar untuk materi teks biografi belum terlaksana dengan baik disebabkan oleh penggunaan bahan ajar yang belum bervariasi. Bahan ajar untuk materi teks biografi perlu dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar disajikan untuk menarik siswa dalam bentuk peta konsep dan rangkuman disertai gambar serta QR code yang mengandung tautan menuju materi yang lebih lengkap. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar, (2) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar, dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar. Pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tiga tahap, yaitu 1) analisis kebutuhan sebagai studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, dan 3) uji kelayakan produk akhir. Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa (1) penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 97,2% dengan kategori “sangat layak”, (2) penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 95,8% dengan kategori “sangat layak”, (3) penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 91.67% dengan kategori “sangat layak”; (4) penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 92,5% dengan kategori “sangat layak”, (5) penilaian praktisi, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 94,1% dengan kategori “sangat layak”, dan (6) penilaian peserta didik, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 89,3% dengan kategori “sangat layak”. Dengan perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9766
Collections
  • MT - Indonesian Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group