Pengembangan Bahan Ajar Teks Biografi Berbasis Infografik Berbantu QR Code untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Blitar
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Blitar untuk materi teks
biografi belum terlaksana dengan baik disebabkan oleh penggunaan bahan ajar
yang belum bervariasi. Bahan ajar untuk materi teks biografi perlu dikembangkan
untuk mendukung pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar
teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA
Negeri 1 Blitar disajikan untuk menarik siswa dalam bentuk peta konsep dan
rangkuman disertai gambar serta QR code yang mengandung tautan menuju
materi yang lebih lengkap.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan
pengembangan bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk
siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar, (2) mendeskripsikan proses pengembangan
bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X
SMA Negeri 1 Blitar, dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk pengembangan
bahan ajar infografik berbantu QR code materi teks biografi untuk siswa kelas X
SMA Negeri 1 Blitar.
Pengembangan bahan ajar teks biografi berbasis infografik berbantu QR
code untuk siswa kelas X SMA Negeri 1 Blitar ini dikembangkan berdasarkan
model pengembangan Borg & Gall yang terdiri atas tiga tahap, yaitu 1) analisis
kebutuhan sebagai studi pendahuluan, 2) pengembangan produk, dan 3) uji
kelayakan produk akhir.
Dapat diketahui validitas produk yang dikembangkan melalui kegiatan
validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa
(1) penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 97,2% dengan
kategori “sangat layak”, (2) penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian
sebesar 95,8% dengan kategori “sangat layak”, (3) penilaian ahli perancangan
pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 91.67% dengan kategori “sangat
layak”; (4) penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 92,5% dengan
kategori “sangat layak”, (5) penilaian praktisi, diperoleh rata-rata penilaian
sebesar 94,1% dengan kategori “sangat layak”, dan (6) penilaian peserta didik,
diperoleh rata-rata penilaian sebesar 89,3% dengan kategori “sangat layak”.
Dengan perolehan tersebut, maka dapat dikategorikan bahwa produk bahan ajar
teks biografi berbasis infografik berbantu QR code untuk siswa kelas X SMA
Negeri 1 Blitar sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran