dc.description.abstract | Hasil analisis kebutuhan di MAN 1 Kota Gorontalo menunjukan bahwa guru dan
siswa kelas XI membutuhkan bahan ajar teks prosedur yang inovatif, menarik
praktis, dan interaktif, dengan preferensi terhadap media digital. Selain itu
kurangnya integrasi budaya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MAN 1 Kota
Gorontalo menyebabkan rendahnya pemahaman dan apresiasi siswa terhadap
warisan budaya, yang mengakibatkan budaya tersebut mulai pudar terutama di
kalangan generasi muda. Diperlukan pengembangan bahan ajar interaktif berbasis
digital yang tidak hanya mendukung pembelajaran tetapi juga melestarikan
budaya Gorontalo. Pengembangan bahan ajar interaktif teks prosedur terintegrasi
konservasi budaya pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo disajikan untuk
menarik minat siswa dalam bentuk aplikasi android Bulalo. Aplikasi ini memuat
konten materi teks prosedur khusnya elemen menulis yang dikemas dalam bentuk
petualangan rasa untuk mendukung pelestarian pengetahuan tradisional membuat
kuliner khas Gorontalo binthe biluhuta. Tujuan penelitian ini untuk (1)
mendeskripsikan hasil pengembangan bahan ajar interaktif teks prosedur
terintegrasi konservasi budaya pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo, (2)
mendeskripsikan hasil uji coba produk bahan ajar interaktif teks prosedur
terintegrasi konservasi budaya pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo (3)
mendeskripsikan hasil uji efektivitas produk bahan ajar interaktif teks prosedur
terintegrasi konservasi budaya pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo.
Pengembangan bahan ajar ini mengikuti model ADDIE yang dikembangkan oleh
Robert Maribe Branch terdiri dari lima tahap: analysis, design, development,
implementation, evaluation. Hasilnya, 1) jadilah sebuah produk bahan ajar
interaktif teks prosedur yang bernama Bulalo dalam bentuk aplikasi android yang
dapat diakses secara online maupun offline. 2) Hasil validasi ahli materi dan ahli
media berada pada kategori “valid” dengan persentase penilaian 90,8%, hasil uji
coba produk menunjukan skor rata-rata penilaian mencapai 86,9% dengan
kategori “sangat layak”. 3) Hasil uji efektivitas produk melalui t-test sampel
berpasangan menggunakan IBM SPSS Statistics menunjukan nilai rata-rata
posttest lebih tinggi dibandingkan pretest yakni nilai perbedaan rata-rata di angka
5.20833 dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) adalah 0.001, lebih kecil dari 0.05
menandakan bahwa bahan ajar efektif diterapkan dalam proses penelajaran
menulis teks prosedur pada siswa kelas XI MAN 1 Kota Gorontalo. | en_US |