Show simple item record

dc.contributor.authorRahmawati, Cut Dian
dc.date.accessioned2024-06-25T00:50:39Z
dc.date.available2024-06-25T00:50:39Z
dc.date.issued2024-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9772
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam Hadih Maja serta memanfaatkannya sebagai alternatif bahan ajar teks puisi rakyat di sekolah. Pendidikan karakter menjadi topik penting dalam pendidikan karena tidak hanya fokus pada pengetahuan akademik tetapi juga pada pembentukan kepribadian peserta didik. Sastra, khususnya sastra lisan seperti Hadih Maja, memiliki potensi besar dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang baik. Hadih Maja, sebagai salah satu bentuk sastra lisan Aceh, mengandung banyak nilai moral, etika, dan ajaran agama yang relevan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari buku Hadih Maja karya Iskandar Norman dan sumber data sekunder wawancara. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan, pencataan, klasifikasi data, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hadih Maja mengandung 15 jenis nilai pendidikan karakter yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang dominan dalam Hadih Maja adalah nilai religius. Fungsi dari nilai-nilai pendidikan karakter dalam Hadih Maja mencakup berbagai aspek kehidupan seperti membentuk karakter yang baik, membangun kepercayaan, menciptakan harmonisasi sosial, dan meningkatkan kesadaran budaya serta spiritual. Pemanfaatan Hadih Maja sebagai bahan ajar diharapkan dapat meningkatkan minat peserta didik terhadap sastra, serta memperkuat karakter melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Hadih Maja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan pengajaran teks puisi rakyat yang memanfaatkan Hadih Maja dapat diterapkan di SMP/MTs, terutama di Aceh, untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan karakter yang baik pada peserta didik. Selain itu, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara guru, peneliti, dan masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bahan ajar yang berbasis nilai-nilai karakteren_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectHadih Majaen_US
dc.subjectnilai pendidikan karakteren_US
dc.titleNilai Pendidikan Karakter dalam Hadih Maja dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Bahan Ajar Teks Puisi Rakyat.en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record