Show simple item record

dc.contributor.authorFatimah, Khusnul
dc.date.accessioned2024-06-25T00:53:55Z
dc.date.available2024-06-25T00:53:55Z
dc.date.issued2024-06-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9774
dc.description.abstractPerkembangan IPTEK yang pesat menuntut peran guru dalam menciptakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif. Namun, dalam kenyataannya pembelajaran sastra terutama teks cerpen masih kurang maksimal, karena dianggap membosankan dan ketersediaan bahan ajar yang kurang memadai. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang inovatif dan kreatif untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan mobile learning yang berbasis mobile sehingga penggunaannya fleksibel, kapan pun, dan di mana pun, serta user friendly bagi peserta didik. Di samping itu, dengan pembelajaran berdiferensiasi yang menyesuaikan karakteristik gaya belajar peserta didik dapat memaksimalkan potensi belajar peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar kurikulum. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu dan (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan mengadaptasi prosedur dari model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 6 langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba produk, (5) revisi hasil uji produk, (6) produk hasil akhir. Teknik pengumpulan data melalui pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan melibatkan teknik analisis deskripsi baik kualitatif maupun kuantitatif. Proses pengembangan ini sesuai dengan prosedur yang tekah ditentukan dalam 6 langkah dari adaptasi model pengembangan Borg & Gall yang dimodifikasi dan menghasilkan bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu dengan memiliki beberapa menu utama yang dapat membantu peserta didik seperti beranda, petunjuk penggunaan, daftar isi, daftar hadir, pendahuluan (apersepsi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, peta konsep), kegiatan pembelajaran (visual, auditori, kinestetik), evaluasi, refleksi, daftar rujukan, profil guru, dan menu keluar. Sedangkan hasil validasi menunjukkan bahwa (1) penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”, (2) penilaian ahli kebahasaan, diperoleh hasil penilaian sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, (3) penilaian ahli perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”; (4) penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”, (5) penilaian praktisi, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 94,9% dengan kategori “sangat layak”, dan (6) penilaian peserta didik, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 90,3% dengan kategori “sangat layak”, sehingga rata-rata perolehan nilai dari semua uji validasi produk ini sebesar 94%. Dengan perolehan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu sangat layak/sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectteks cerpenen_US
dc.subjectmobile learningen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar Teks Cerpen Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peserta Didik Kelas IX MTsen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record