Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerpen Berbasis Mobile Learning dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Peserta Didik Kelas IX MTs
Abstract
Perkembangan IPTEK yang pesat menuntut peran guru dalam
menciptakan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia yang efektif. Namun,
dalam kenyataannya pembelajaran sastra terutama teks cerpen masih kurang
maksimal, karena dianggap membosankan dan ketersediaan bahan ajar yang
kurang memadai. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang inovatif dan kreatif
untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan mobile learning yang
berbasis mobile sehingga penggunaannya fleksibel, kapan pun, dan di mana pun,
serta user friendly bagi peserta didik. Di samping itu, dengan pembelajaran
berdiferensiasi yang menyesuaikan karakteristik gaya belajar peserta didik dapat
memaksimalkan potensi belajar peserta didik untuk mencapai kompetensi dasar
kurikulum.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan proses pengembangan
bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu dan
(2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan bahan ajar teks cerpen berbasis
mobile learning dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta
didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and
Development (RnD) dengan mengadaptasi prosedur dari model pengembangan
Borg & Gall yang terdiri dari 6 langkah, yaitu (1) penelitian dan pengumpulan
informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft produk, (4) uji coba produk,
(5) revisi hasil uji produk, (6) produk hasil akhir. Teknik pengumpulan data
melalui pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket. Analisis data yang
dilakukan melibatkan teknik analisis deskripsi baik kualitatif maupun kuantitatif.
Proses pengembangan ini sesuai dengan prosedur yang tekah ditentukan
dalam 6 langkah dari adaptasi model pengembangan Borg & Gall yang
dimodifikasi dan menghasilkan bahan ajar teks cerpen berbasis mobile learning
dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX
MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu dengan memiliki beberapa menu utama yang
dapat membantu peserta didik seperti beranda, petunjuk penggunaan, daftar isi,
daftar hadir, pendahuluan (apersepsi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, peta
konsep), kegiatan pembelajaran (visual, auditori, kinestetik), evaluasi, refleksi,
daftar rujukan, profil guru, dan menu keluar. Sedangkan hasil validasi
menunjukkan bahwa (1) penilaian ahli materi/isi, diperoleh hasil penilaian sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”, (2) penilaian ahli kebahasaan, diperoleh
hasil penilaian sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, (3) penilaian ahli
perancangan pembelajaran, diperoleh hasil penilaian sebesar 95% dengan kategori
“sangat layak”; (4) penilaian ahli media, diperoleh hasil penilaian sebesar 95%
dengan kategori “sangat layak”, (5) penilaian praktisi, diperoleh rata-rata
penilaian sebesar 94,9% dengan kategori “sangat layak”, dan (6) penilaian peserta
didik, diperoleh rata-rata penilaian sebesar 90,3% dengan kategori “sangat layak”,
sehingga rata-rata perolehan nilai dari semua uji validasi produk ini sebesar 94%.
Dengan perolehan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk bahan
ajar teks cerpen berbasis mobile learning dengan pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi untuk peserta didik kelas IX MTs. Hasyim Asy`ari Kota Batu
sangat layak/sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran.