Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar di SMA Negeri 5 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ma’mun, Syafri Syukron
dc.date.accessioned 2024-06-26T02:02:28Z
dc.date.available 2024-06-26T02:02:28Z
dc.date.issued 2023-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9784
dc.description.abstract Strategi pembelajaran ialah suatu cara atau metode yang dapat digunakan seorang guru dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran sehingga menciptakan lingkungan belajar yang ramah bagi semua siswa. Misalnya strategi pembelajaran yang menuntut partisipasi aktif siswa tentunya tidak akan banyak menggunakan metode ceramah, akan tetapi metode-metode yang lebih menarik perhatian siswa seperti diskusi kelompok, kerja proyek kelompok, belajar mandiri, dan kegiatan praktikum Keaktifan belajar siswa mengikuti mata pelajaran PAI sangatlah menurun dikarenakan minimnya siswa ketika menanggapi apa yang guru mereka berikan, contoh kecilnya adalah kurangnya siswa yang bertanya ataupun menjawab pada mata pelajaran PAI, dan juga masih ada siswa yang tidak konsentrasi saat mengikuti mata pelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, sehingga hasil data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa kata-kata dan gambar-gambar wawancara lapangan. Oleh karena itu, isi laporan penelitian ini memuat kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran yang utuh tentang penyajian laporan. Data dalam laporan ini didasarkan pada hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Karakter keaktifan belajar di SMA Negeri 5 Malang dapat dilihat ketika siswa tersebut sedang mengikuti sebuah kegiatan belajar disekolah. Strategi guru pai dalam meningkatkan keaktifan belajar di SMA Negeri 5 Malang dilaksanakan ketika guru pai sedang melaksanakan proses mengajar dengan menggunakan startegi yang telah disiapkan guna menunjang keaktifan belajar para siswa. Faktor pendukung strategi guru pai dalam meningkatkan keaktifan belajar di SMA Negei 5 Malang adalah faktor internal dari motivasi siswa dan kontrol dari guru, serta faktor eksternalnya dari orang tua dan lingkungan dari para siswa itu sendiri faktor penghambat dari segi internal yaitu siswa dan guru, dan untuk faktor penghambat dari segi eksternal yaitu orang tua dan juga lingkup pergaulan dari siswa itu sendiri suatu tindakan seseorang guna untuk memberikan sistem pembelajaran yang mudah untuk diterima oleh peserta didik juga untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik agar sebuah proses belajar mengajar bisa terlaksana dengan baik dan benar. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Keaktifan Belajar, Pembelajaran PAI en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar di SMA Negeri 5 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account