Implementasi Pengembangan Keterampilan Berbicara Pada Kelas Mulltimedia di MI Khadijah Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Aldiansyah, Muhammad Alfan
dc.date.accessioned 2024-06-26T02:11:48Z
dc.date.available 2024-06-26T02:11:48Z
dc.date.issued 2024-06-06
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9788
dc.description.abstract Pengembangan keterampilan berbicara di MI Khadijah Kota Malang memiliki model penerapan yang menarik. Implementasi keterampilan berbicara didesain dalam ruang lingkup kelas multimedia. Dengan desain kelas multimedia, keterampilan berbicara tidak sekedar diajarkan sebagai alat untuk berkomunikasi dengan baik. Melalui program tersebut, keterampilan berbicara dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan zaman dengan teknologi yang semakin berkembang. Media sosial menjadi sarana aplikasi komunikatif berbasis konten pembelajaran yang mencirikan keterampilan berbicara sebagai modal utama dalam menyampaikan informasi maupun media hiburan dan seni yang masih minim dilakukan pada lembaga pendidikan setingkat sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan model pengembangan pembelajaran keterampilan berbicara pada kelas Multimedia di MI Khadijah Malang (2) mendeskripsikan proses penerapan model pengembangan pembelajaran keterampilan berbicara pada kelas multimedia di MI Khadijah Malang, dan (3) mendeskripsikan hasil penerapan program kelas multimedia dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa di MI Khadijah Malang. Implementasi pengembangan keterampilan berbicara pada kelas multimedia di MI Khadijah Malang ini dikaji menggunakan penelitan desktiptif kualitatif jenis studi etnometodologi dengan proses analisis studi setting institusional yang berfokus pada interaksi-interaksi sosial yang membentuk perubahan sosial dan berimplikasi pada peningkatan status sosial. Tahap analisis data menggunakan mengkaji perihal perilaku-perilaku alamiah guru dan siswa, serta menggunakan analisis percakapan dengan tahapan indeksibilitas, refleksibilitas dan aksi kontekstual berdasarkan teori Harrold Garfinkel (Susilo, 2017). Dapat diketahui, berdasarkan analisis data ditemukan bahwa pengembangan keterampilan berbicara yang digunakan menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) dengan kajian etnometodologi model studi setting institusional yang mencirikan tentang proses pengembangan antar individu guru pembina dan siswa kelas multimedia. Kemudian pada aspek penerapan proses pengembangan keterampilan berbicara dengan analisis percakapan ditemukan bahwa guru pembina menggunakan pola komunikasi asertrif dan campur kode bahasa jawa dan bahasa Indonesia untuk menjaga kedekatan dan rasa semangat agar tujuan pembelajaran tercapai. Pada komponen hasil pengembangan ditemukan bahwa melalui implementasi pembelajaran berbasis proyek yang terdapat di kelas multimedia pengembangan keterampilan berbicara berhasil dilakukan dengan adanya berbagai karya berupa konten media sosial dan berbagai prestasi yang telah dicapai oleh guru maupun siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject keterampilan berbicara en_US
dc.subject kelas multimedia en_US
dc.title Implementasi Pengembangan Keterampilan Berbicara Pada Kelas Mulltimedia di MI Khadijah Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account