Show simple item record

dc.contributor.authorHasani, Muhamad
dc.date.accessioned2024-07-15T04:15:02Z
dc.date.available2024-07-15T04:15:02Z
dc.date.issued2024-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9801
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu kunci utama dalam membangun dan membentuk kualitas karakter siswa terutama Pendidikan Agama Islam. Menciptakan siswa yang berkarakter merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. hal demikian sangat diperlukan karena melihat situasi sosial saat ini yang sangat memprihatinkan. Maka dari pada itu lembaga pendidikan dan peran seorang guru tidak hanya menjadi wadah bagi para peserta didik tapi perlu juga menerapkan dan merencanakan strategi yang sangat tepat dan baik sehingga dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai pendidikan agama islam yang baik, inteletual, berkualitas dan berakhlakul karimah. Berdasarkan keterangan tersebut, maka riset ini bertujuan untuk memberikan deskripsi, analisis, dan interpretasi terhadap Strategi, Internalisasi, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan proses, pendidikan karakter islami siswa di Sekolah Menengah Aatas Daarul Ahsan Tangerang khususnya, dengan pertanyaan riset: 1) Apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerang? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mementuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan tangerang? 3) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah AtascDaarul Ahsan Tangerang? Berdasarkan pertanyaan riset, maka metode yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan Desain Studi Kasus. Tempat penelitian dipilih di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerang Banten dengan sampel penelitian berupa siswa dan guru di sekolah tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman. Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menampilkan data, mengondensasi data, dan selanjutnya menarik kesimpulan. Data yang telah dianalisis diverifikasi kebenaran dan keabsahannya dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa yang ditemukan adalah nilai keimanan, ketaqwaan, kesungguhan, kesabaran, sopan santun, kejujuran dan cinta ilmu. Proses pelaksanaan strategi dan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa dilakukan dengan pemilihan kurikulum, Penggunaan Pemahaman, Penggunaan Kebiasaan dan Penggunaan Keteladanan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai-nilai Pendidikan Islamen_US
dc.subjectKarakter Islamien_US
dc.titleStrategi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerangen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record