dc.description.abstract | Pendidikan merupakan salah satu kunci utama dalam membangun dan membentuk
kualitas karakter siswa terutama Pendidikan Agama Islam. Menciptakan siswa yang
berkarakter merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. hal demikian sangat
diperlukan karena melihat situasi sosial saat ini yang sangat memprihatinkan. Maka dari
pada itu lembaga pendidikan dan peran seorang guru tidak hanya menjadi wadah bagi para
peserta didik tapi perlu juga menerapkan dan merencanakan strategi yang sangat tepat dan
baik sehingga dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai pendidikan agama islam yang baik,
inteletual, berkualitas dan berakhlakul karimah.
Berdasarkan keterangan tersebut, maka riset ini bertujuan untuk memberikan
deskripsi, analisis, dan interpretasi terhadap Strategi, Internalisasi, nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam dan proses, pendidikan karakter islami siswa di Sekolah Menengah Aatas
Daarul Ahsan Tangerang khususnya, dengan pertanyaan riset: 1) Apa saja nilai-nilai
Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah
Atas Daarul Ahsan Tangerang? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama
Islam dalam mementuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan
tangerang? 3) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah AtascDaarul Ahsan Tangerang?
Berdasarkan pertanyaan riset, maka metode yang digunakan adalah Pendekatan
Kualitatif dengan Desain Studi Kasus. Tempat penelitian dipilih di Sekolah Menengah Atas
Daarul Ahsan Tangerang Banten dengan sampel penelitian berupa siswa dan guru di
sekolah tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive dan snowball
sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Interaktif
Miles dan Huberman. Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman dilakukan
dengan cara mengumpulkan data, menampilkan data, mengondensasi data, dan selanjutnya
menarik kesimpulan. Data yang telah dianalisis diverifikasi kebenaran dan keabsahannya
dengan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan
Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa yang ditemukan adalah nilai
keimanan, ketaqwaan, kesungguhan, kesabaran, sopan santun, kejujuran dan cinta ilmu.
Proses pelaksanaan strategi dan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam
membentuk karakter islami siswa dilakukan dengan pemilihan kurikulum, Penggunaan
Pemahaman, Penggunaan Kebiasaan dan Penggunaan Keteladanan. | en_US |