View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerang

Thumbnail
View/Open
STRATEGI INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI DI SEKOLAH M.pdf (3.718Mb)
S2_MPAI_22202011032_M.HASANI.pdf (2.858Mb)
Date
2024-05-13
Author
Hasani, Muhamad
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu kunci utama dalam membangun dan membentuk kualitas karakter siswa terutama Pendidikan Agama Islam. Menciptakan siswa yang berkarakter merupakan bagian penting dalam proses pendidikan. hal demikian sangat diperlukan karena melihat situasi sosial saat ini yang sangat memprihatinkan. Maka dari pada itu lembaga pendidikan dan peran seorang guru tidak hanya menjadi wadah bagi para peserta didik tapi perlu juga menerapkan dan merencanakan strategi yang sangat tepat dan baik sehingga dapat menumbuhkembangkan nilai-nilai pendidikan agama islam yang baik, inteletual, berkualitas dan berakhlakul karimah. Berdasarkan keterangan tersebut, maka riset ini bertujuan untuk memberikan deskripsi, analisis, dan interpretasi terhadap Strategi, Internalisasi, nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dan proses, pendidikan karakter islami siswa di Sekolah Menengah Aatas Daarul Ahsan Tangerang khususnya, dengan pertanyaan riset: 1) Apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerang? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam mementuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan tangerang? 3) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa di Sekolah Menengah AtascDaarul Ahsan Tangerang? Berdasarkan pertanyaan riset, maka metode yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan Desain Studi Kasus. Tempat penelitian dipilih di Sekolah Menengah Atas Daarul Ahsan Tangerang Banten dengan sampel penelitian berupa siswa dan guru di sekolah tersebut. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman. Teknik Analisis Kualitatif Interaktif Miles dan Huberman dilakukan dengan cara mengumpulkan data, menampilkan data, mengondensasi data, dan selanjutnya menarik kesimpulan. Data yang telah dianalisis diverifikasi kebenaran dan keabsahannya dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa yang ditemukan adalah nilai keimanan, ketaqwaan, kesungguhan, kesabaran, sopan santun, kejujuran dan cinta ilmu. Proses pelaksanaan strategi dan internalisasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter islami siswa dilakukan dengan pemilihan kurikulum, Penggunaan Pemahaman, Penggunaan Kebiasaan dan Penggunaan Keteladanan.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9801
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group