Show simple item record

dc.contributor.authorAb, Zaelani
dc.date.accessioned2024-07-15T04:26:44Z
dc.date.available2024-07-15T04:26:44Z
dc.date.issued2024-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9802
dc.description.abstractRiset ini berdasarkan ketertarikan penulis melihat hasil pendidikan karakter di SDI. Tahfidz Prenur Pagioan. Di sekolah tersebut memiliki khas yang berbeda dengan sekolah lain dalam proses pendidikan karakter karena sekolah tersebut menerapkan metode STIFin dalam proses pembentukan karakte islami siswa. Berdasarkan hal tersebut, penulis pada riset ini memiliki tujuan untuk menganalisis proses implementasi metode STIFin dalam membentuk karakter islami di SDI. Tahfidz Prenur Pagioan dengan pertanyaan riset adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah metode STIFIn di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? 2) Bagaimana proses implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? 3) Bagaimana implikasi implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? Berdasarkan hal tersebut, maka penulis menyimpulkan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantang 1) Langkah-langkah metode STIFin di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. 2) Peran guru dalam proses implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. 3) Implikasi implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. Berdasarkan pertanyaan riset, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SDI. Tahfidz Prenur Pagioan dengan objek penelitian adalah siswa. Instrumen pengumpulan data merupakan alat yang dipilih untuk membantu dalam kegiatan penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah Teknik analisis Milles, Huberman, & Saldańa yaitu: Pengumpulan Data, Kondensasi Data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunukan bahwa hasil tes STIFin siswa menggunakan aplikasi STIFin. Proses pelaksanaan sekolah ini menerapakan 4 tahap. Tahap pertama adalah perencanaan yaitu sosialisasi dan penyusunan kurikulum. Tahap dua adalah pelaksanan yaitu melalui pelajaran, muatan local, pembiasaan. Tahap ketiga adalah pengawasan yang berupa monitoring, evaluasi, dan pengamatan langsung terhadap pelaksanaan program, dan yang terakhir adalah evaluasi. Pada tahap ini sekolah ini melakukan penilaian tingkat keberhasilan pelaksanaan penerapan metode STIFin dalam membentuk karakter keislaman siswa, metode yang efektif dalam meningkatkan karater islami siswa khususnya di SDI Tahfidz Preneur Pagipon Tangerangen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMetode STIFinen_US
dc.subjectKarakter Islamien_US
dc.titleImplementasi Metode STIFin dalam membentuk karakter islami di SDI. Tahfidz Prenur Pagioanen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record