View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Metode STIFin dalam membentuk karakter islami di SDI. Tahfidz Prenur Pagioan

Thumbnail
View/Open
IMPLEMENTASI METODE STIFI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ISLAMI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR TAHFIDZ PRENEUR PAGINOT_TANGERANG.pdf (13.94Mb)
S2_MPAI_22202011033_ZAELANI. AB.pdf (3.577Mb)
Date
2024-05-13
Author
Ab, Zaelani
Metadata
Show full item record
Abstract
Riset ini berdasarkan ketertarikan penulis melihat hasil pendidikan karakter di SDI. Tahfidz Prenur Pagioan. Di sekolah tersebut memiliki khas yang berbeda dengan sekolah lain dalam proses pendidikan karakter karena sekolah tersebut menerapkan metode STIFin dalam proses pembentukan karakte islami siswa. Berdasarkan hal tersebut, penulis pada riset ini memiliki tujuan untuk menganalisis proses implementasi metode STIFin dalam membentuk karakter islami di SDI. Tahfidz Prenur Pagioan dengan pertanyaan riset adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah metode STIFIn di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? 2) Bagaimana proses implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? 3) Bagaimana implikasi implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang? Berdasarkan hal tersebut, maka penulis menyimpulkan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tantang 1) Langkah-langkah metode STIFin di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. 2) Peran guru dalam proses implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. 3) Implikasi implementasi metode STIFIn dalam membentuk karakter islami siswa di SDI Tahfidz Prenur Pagipon Tangerang. Berdasarkan pertanyaan riset, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SDI. Tahfidz Prenur Pagioan dengan objek penelitian adalah siswa. Instrumen pengumpulan data merupakan alat yang dipilih untuk membantu dalam kegiatan penelitian. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data diantaranya: wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknis analisis yang digunakan adalah Teknik analisis Milles, Huberman, & Saldańa yaitu: Pengumpulan Data, Kondensasi Data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunukan bahwa hasil tes STIFin siswa menggunakan aplikasi STIFin. Proses pelaksanaan sekolah ini menerapakan 4 tahap. Tahap pertama adalah perencanaan yaitu sosialisasi dan penyusunan kurikulum. Tahap dua adalah pelaksanan yaitu melalui pelajaran, muatan local, pembiasaan. Tahap ketiga adalah pengawasan yang berupa monitoring, evaluasi, dan pengamatan langsung terhadap pelaksanaan program, dan yang terakhir adalah evaluasi. Pada tahap ini sekolah ini melakukan penilaian tingkat keberhasilan pelaksanaan penerapan metode STIFin dalam membentuk karakter keislaman siswa, metode yang efektif dalam meningkatkan karater islami siswa khususnya di SDI Tahfidz Preneur Pagipon Tangerang
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9802
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group