Show simple item record

dc.contributor.authorNasikhah, Atika Durrotun
dc.date.accessioned2024-07-15T07:24:04Z
dc.date.available2024-07-15T07:24:04Z
dc.date.issued2024-05-13
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9824
dc.description.abstractSMA Negeri 4 Malang merupakan sekolah yang unggul dan mencetak peserta didik yang ahli dalam pengetahuan baik IPTEK dan IMTAQ. Sekolah ini dipilih sebagai lokasi penelitian karena merupakan salah satu sekolah yang terkenal di kota Malang yang memiliki peserta didik dengan latar agama dan budaya yang beragam. Sebagian peserta didiknya beragama Kristen, Katolik, budha, dan mayoritas peserta didiknya beragama Islam. Oleh karena itu, moderasi beragama menjadi sangat penting untuk diterapkan di lingkungan sekolah ini. Maka hal tersebut tidak akan terlepas dari peran guru Pendidikan Agama Islam, keragaman latar belakang agama di SMA Negeri 4 Malang menjadi rintangan yang lebih bagi guru Pendidikan Agama Islam dibandingkan dengan sekolah yang berbasis agama tertentu. Situasi ini menuntut guru Pendidikan Agama Islam untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam serta mengupayakan pembentukan sikap moderat pada peserta didik agar mereka dapat menyikapi perbedaan dan keberagaman dengan bijak dan penuh toleransi. Dari latar belakang diatas penelitian ini berfokus pada peran guru Pendidikan Agama Islam, strategi guru Pendidikan Agama Islam, dan hasil guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap moderasi beragama di SMAN 4 Malang. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan observasi alami. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa Peran guru pendididikan agama Islam dalam membentuk sikap moderasi beragama adalah menjadi sosok suri tauladan, memberikan bimbingan, dan membangun sikap toleransi dan tenggang rasa. Strategi yang digunakan guru pendidikan agama Islam yaitu dengan menerapkan metode ceramah, pendekatan inklusif, dan implementasi dalam kehidupan. Sedangkan hasil dari guru pendidikan agama Islam dalam membentuk sikap moerasi beragama di SMA Negeri 4 Malang yaitu meningkatnya pemahaman tentang sikap moderasi beragama, terciptanya lingkungan yang damai, dan menguatnya nilai keberagaman. Kata Kunci : Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Moderasi Beragama.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPeranen_US
dc.subjectGuru Pendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectModerasi Beragamaen_US
dc.titlePeran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama di SMA Negeri 4 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record