dc.description.abstract | Berdasarkan latar belakang penelitian ini dalam pengalaman awal yang dilakukan peneliti pada hari selasa tgl 8 Agustus 2023, dengan salah satu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yakni Ibu Dra. Siti Munawaroh yang dilakukan di SMK Negeri 4 Malang, bahwasanya dalam proses pembelajaran yang berlangsung guru telah menggunakan metode ceramah, dan presentasi. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan siswa masih berfokus kepada guru dan teman yang menjelaskan materi, sehingga peserta didik kurang aktif dan sebagian siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran berlangsung. Oleh sebab itu peneliti menerapkan metode Mind Mipping agar pembelajaran lebih menarik dan hasil pemahaman yang lebih maksimal. Dalam penelitian ini merumuskan masalah menjadi 2 permasalahan, yakni: 1. Bagaimana keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping dan metode konvensional terhadap meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Malang. 2. Adakah pengaruh menggunakan metode mind mapping dan metode konvensional terhadap meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Malang. Dengan tujuan dari masalah tersebut adalah 1. Untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode mind mapping dan metode konvensional terhadap meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 Malang. 2. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh menggunakan metode mind mapping dan metode konvensional terhadap meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMK Negeri 4 malang.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah ¬Eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design. Kemudian desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan perlakuan.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan peneliti menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi pembelajaran dengan menggunakan metode Mind Mapping terhadap meningkatkan pemahaman peserta didik. Dengan demikian pada temuan ini mengindikasikan bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik, maka salah satu langkah yang bisa digunakan pendidik adalah dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping. Sehingga peserta didik akan lebih memahami materi, mudah menyerap serta memproses pengetahuan secara efektif, dan peserta didik lebih aktif pada proses pembelajaran yang sedang dilakukan.
Kata Kunci : Mind Mapping, Pemahaman, Pembelajaran, Pre Test, Post Test | en_US |