Show simple item record

dc.contributor.authorMaedah, Al
dc.date.accessioned2024-07-15T07:28:16Z
dc.date.available2024-07-15T07:28:16Z
dc.date.issued2024-05-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9826
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan terkait moral pada siswa madrasah. Masih banyak yang membuang sampah di dalam kelas dan bukan pada tempatnya. Pada aktivitas siswa di kelas pengamat juga mengamati bahwa masih banyak masalah etika yang pengamat temui pada siswa. Seperti: kurangnya kepedulian antar sesama teman, serta adanya perilaku kebiasaan membuli antar teman. Selain itu, pada proses pembelajaran didalam kelas banyak siswa terlihat kurang semangat dalam mengikuti proses belajar, sering keluar saat pembelajaran dengan izin ke toilet, serta ada juga yang terlelap tidur dikelas. Ada beberapa fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana perencanaan pelaksanaan Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam pembentukan karakter Religius di MTs Almaarif 01 Singosari, bagaimana metode pelaksanaan Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam pembentukan karakter Religius di MTs Almaarif 01 Singosari, bagaimana model pelaksanaan Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam pembentukan karakter Religius di MTs Almaarif 01 Singosari. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang ada dan membentuk karakter religius pada siswa MTs Almaarif 01 Singosari. Melalui kegiatan SKU, siswa yang melalui permasalahan karakter akan dibentuk dan di kembangkan menjadi pribadi yang baik dan berakhalakul kharimah melalui kegiatan SKU. Metode penelitian pada penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif. Digunakannya metode kualitatif ini karena suatu pendekatan atau kajian yang digunakan untuk menyelidiki dan memahami suatu fenomena sentral. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan terdiri dari: perpanjang temuan, tringulasi, dan diskusi teman sejawat (Peer debriefing), Hasil penelitian yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bahwa, dari hasil penelitian tentang perencanaan pelaksanaan SKU terdiri dari: 1). Menentukan waktu; 2). Membuat Agenda; 3). Menentukan instrumen penilaian; 4). Menentukan guru-guru yang kompeten di bidang SKU. Dari hasil penelitian tentang metode pelaksanaan SKU terdiri dari metode hafalan. Dari hasil penelitian tentang model pelaksanaan SKU terdiri dari model munaqosah. Kata Kunci : Implementasi, SKU, Pembentukan Karakter, Karakter Religius.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectSKUen_US
dc.subjectPembentukan Karakteren_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titleImplementasi Syarat Kecakapan Ubudiyah (SKU) dalam Pembentukan Karakter Religius di MTs Almaarif 01 Singosarien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record