Studi Evaluasi Ruang Parkir Terminal Langgur Kabupaten Maluku Tenggara
Abstract
Terminal penumpang merupakan sarana transportasi jalan untuk menurunkan dan menaikan penumpang. Transportasi memiliki peran penting dan strategis dalam pembangunan oleh karena itu, Transportasi merupakan salah satu elemen penting dari suatu daerah perkotaan. Fasilitas transportasi memiliki posisi khusus dalam suatu kegiataan perencanaan kota. Pertumbuhan ekonomi wilayah selalu dikaitkan dengan aktivitas masyarakat yang semakin bertambah. Aktivitas masyarakat tersebut akan membentuk suatu pola pergerakan yang berkaitan dengan mobilitas masyarakat. Besarnya tingkat pergerakan masyarakat harus di tunjang oleh sarana dan prasarana transportasi yang memadai (Anang Bakhtiar 2018). Untuk menentukan fasilitas parkir pada suatu lokasi diperlukan suatu standar kebutuhan parkir yang baik agar ruang parkir yang disediakan dapat menampung kendaraan. Maka kesimpulannya adalah Kondisi eksisting dan Karakteristik Parkir Terminal Langgur, ruang parkir mobil pada saat hari puncak tidak dapat menampung permintaan parkir. Untuk Sepeda Motor Volume parkir dalam 1 jam (10.30 – 11.00) jam survei adalah 31 kendaraan, akumulasi tertinggi adalah 29 kend/jam, durasi parkir sebesar 0,47 jam/kend, tingkat penggunaan terbesar yaitu 092% dalam durasi waktu 1 jam (6.30 – 7.00), kapasitas parkir maksimum 913 kendaraan/jam, indeks parkir maksimum dengan prosentase 0,92. Hal ini menunjukkan bahwa ruang parkir mootor pada saat hari puncak tidak dapat menampung permintaan parkir. Penataan ruang parkir dapat diatur dengan memberi jarak ukuran petak parkir sesuai dengan Satuan Ruang Parkir (SRP). Untuk parkir sepeda motordengan ukuran ruang parkir 0,75 x 2,00 m membutuhkan luas lahan parkir sebesar 1409,8 m2. Sedangkan untuk mobil dengan ukuran ruang parkir 2,5 x 5,00 m membutuhkan luas lahan parkir sebesar 750.5 m2.
Kata Kunci: Terminal, Ruang Parkir, Maluku Tenggara