dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh dekadensi moral anak bangsa di era
global yang sangat memprihatinkan, khususnya di kalangan pelajar. Seiring
dengan perkembangan zaman, maka semakin berkembang pula pola pikir anak.
Dengan ini pendidikan karakter sangat diperlukan dalam proses pengajaran
yang baik dengan dukungan orang tua, guru dan masyarakat. Dalam penerapan
nya tripusat pendidikan tersebut diharapkan bisa terinsipirasi oleh tokoh Ki
Hajar Dewantara dan Ibnu Miskawaih.
Dengan demikian peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian
ini yakni; 1) Bagaimana pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan
karakter dalam pendidikan islam? 2) Bagaimana pemikiran Ibnu Miskawaih
tentang pendidikan karakter dalam pendidikan islam? 3) bagaimana relevansi
pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Ibnu Miskawaih pada pendidikan karakter
dalam perspektif pendidikan islam?
Dari pemaparan fokus diatas maka tujuan penelitian ini untuk
mengetahui pemikiran Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan karakter dalam
pendidikan islam, pemikiran Ibnu Miskawaih tentang pendidikan karakter
dalam pendidikan islam dan relevansi pemikiran Ki Hajar Dewantara dan Ibnu
Miskawaih dalam penerapan pendidikan karakter dalam perspektif islam.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kajian isi dan jenis kajiannya
adalah penelitian kepustakaan, yang mana penelitian ini menghasilkan data dari
kajian buku dan jurnal yang pengumpulan datanya melalui dokumentasi.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa adanya pendidikan karakter
dalam pendidikan islam, yakni diharapkan adanya kebahagiaan pada anak
dengan menerapkan akhlak yang baik. Hal tersebut sesuai dengan tujuan
pendidikan islam kemudian relevan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara
yang mengharapkan anak bangsa yang unggul dan berkarakter begitu juga
dengan ungkapan Ibnu Miskawaih yang mengatakan pendidikan akhlak
bertujuan untuk terwujudnya sikap batin yang mendorong manusia secara
spontan melakukan hal baik, sehingga ia berprilaku terpuji sesuai dengan
substansinya sebagai manusia.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pendidikan karakter
tersebut, adanya sinergitas bersama antara orang tua, guru dan masyarakat
dalam membangun karakter anak bangsa. |
en_US |