dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan adversity pada tingkat pemahaman mata kuliah akuntansi pada mahasiswa akuntansi di Ternate. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel independen: Intelligence quotient, emotional quotients, spiritual intelligence, dan kecerdasan Adversitas. Variabel terikat: pemahaman tentang akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga selesai di tiga universitas di kota Ternate. Yakni Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Khairun Ternate, dan Institut Agama Islam Negeri Ternate. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analisis deskriptif, klasik uji penerimaan, dan analisis regresi berganda digunakan dalam analisis data penelitian ini. Mahasiswa jurusan akuntansi angkatan 2020 di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara, Universitas Khairun Ternate, dan Institut Agama Islam Negeri Ternate. Pengumpulan Sampel melalui kriteria: 1) Mahasiswa S1 jurusan akuntansi angkatan 2020 yang masih aktif. 2) Telah menyelesaikan mata kuliah Pengantar Akuntansi, Akuntansi Keuangan 1, Keuangan Akuntansi 2, Akuntansi Keuangan Tingkat Lanjut 1, Akuntansi Keuangan Tingkat Lanjut 2, Audit, Teori Akuntansi. sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual, dan kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan spiritual, dan kecerdasan adversity secara bersamaan berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi.
Kata Kunci: Intelligence quotient, emotional quotients, spiritual intelligence, kecerdasan adversitas , pemahaman akuntansi. | en_US |