Analisis UI/UX pada Sistem Informasi Penyewaan Kost Berbasis Android Studi Kasus di Kost Anugerah Malang
Abstract
Kos adalah salah satu tempat pelayanan yang diberikan atau tempat pada suatu kawasan hunian sementara yang dibangun oleh seorang pemilik kos dengan ukuran kamar dan biaya sewa yang berbeda-beda. Banyaknya pendatang di Kota Malang membuat para pemilik kos membangun rumah kos sebagai salah satu usaha yang menjanjikan. Berdasarkan pada hasil observasi yang dilakukan peneliti dibeberapa kos-kosan di Kota Malang, salah satunya masalah yang ditemukan ada pada Kost Anugerah dimana sistem informasi yang digunakan masih belum bisa menyajikan informasi secara lengkap dan terutama tampilan Desain UI/UX nya masih kurang bagus. Tujuan peneliti adalah berupaya untuk menganalisis dan memperbaiki tampilan Desain UI/UX dari sistem informasi Kost Anugerah dengan harapan untuk memudahkan pemilik mengelola data sewa kos dari pemesanan, penyewaaan, pembayaran serta laporan sehingga data sewa dapat dikelola secara online, dengan sistem sewa online tersebut memudahkan calon penyewa yang akan menyewa kos tanpa harus mendatangi kos tetapi cukup membuka aplikasinya. Metode yang digunakan dalam perancangan desain menggunakan metode Design Thinking dengan tahapan Empathize (empati), Define (mendefinisikan), Ideate (ide), Prototype (prototype), dan Test (pengujian). Hasil dari penelitian ini mendapatkan perhitungan kuesioner dengan menggunakan skala likert, hasil akhir dari perhitungan kuesioner penelitian menggunakan skala likert adalah 78.9% jarak interpretasi dan berada dalam kategori “Setuju”.
Kata kunci: Desain, UI/UX, Sistem Informasi, Prototype, Pengujian.