Show simple item record

dc.contributor.authorSulmiftah, Haris
dc.date.accessioned2024-07-30T02:50:36Z
dc.date.available2024-07-30T02:50:36Z
dc.date.issued2024-05-16
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9923
dc.description.abstractPendidikan agama menjadi pondasi dasar untuk hidup bermasyarakat. Nilai-nilai agama Islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadist serta ijtima’ para ulama menjadi pedoman hidup masyarakat khususnya umat Islam. Putus sekolah memberikan dampak buruk untuk karakter anak, akhlak, kepribadian, dan hubungan sosial di masyarakat. Fokus dan tujuan penelitian ini yakni: (1) untuk merencanakan penanaman nilai nilai agama Islam terhadap anak putus sekolah; (2) untuk memberikan pemahaman implementasi penanaman nilai nilai agama Islam terhadap anak putus sekolah; dan (3) untuk memberikan pemahaman hasil penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap anak putus sekolah. Metode penelitian yang digunakan peneliti untuk mengkaji secara mendalam yakni: peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti hadir sebagai key instrument di lokasi penelitian, dan peneliti life in selama dua belas bulan. Lokasi penelitian ini di di Desa Kalibaru Manis Kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi, Indonesia. Data penelitian ini bersumber dari data primer, dan data sekunder. Sumber data primer merupakan hasil wawancara dan observasi partisipan di kelompok belajar yang berjumlah 16 informan yang terdiri dari warga belajar sejumlah 10 orang, fasilitator sejumlah 2 orang, tutor sejumlah 3 orang, dan 1 orang kepala sekolah PKBM Miftahun Najah. Untuk data sekunder merupakan dukumen warga belajar, data pokok pendidikan (dapodik), foto warga belajar, dan arsip yang berkaitan dengan warga belajar PKBM. Prosedur pengumpulan data lapangan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Teknik analisis data peneliti menggunakan tiga komponen analisis data lapangan yakni: data collection, data reduction, dan conclustions drawing/ verifying. Untuk pengecekkan keabsahan data maka peneliti menggunakan empat kriteria yakni: kredibilitas, dependabilitas, konfirnabilitas, dan transferabilitas. Simpulan dari penelitian implementasi penanaman nilai-nilai agama Islam pada anak putus sekolah pada perencanaan penanaman nilai-nilai agama Islam melalui penentuan tujuan pembelajaran, dan menyediakan sumber belajar/ tutor/ guru yang kompeten. Implementasi pembelajaran nonformal nilai-nilai agama Islam pada warga belajar pendidikan kesetaraan peket B dan C tercermin dalam nilai kearifan, nilai kejujuran, nilai ketaqwaan, nilai moral, dan nilai dasar. Adapun keseluruhan dari nilai nilai agama Islam tersebut terimplementasi melalui perilaku warga belajar sehari-hari, saling menghormati, gotong royong di masyarakat, merawat alam, kemampuan bertutur kata yang baik, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki sikap tawadlu, qona’ah, wara’, optimis dalam proses belajar di PKBM, menutup aurot, memiliki nilai iman, ihsan, dan keteladanan. Hasil penanaman nilai-nilai agama Islam terimplementasi melalui tiga hasil penanaman yakni: penanaman hasil pembiasaan, hasil penanaman metode keteladanan, dan hasil penanaman mau’izah hasanah. Masing-masing hasil penanaman hasil pembelajaran tersebut menghasilkan karakter warga belajar yang memiliki moral terpuji, berakhlak, memiliki keyakinan dalam beragama, berpakaian sopan, bertutur kata yang baik, semangat belajar, dan mau menerima nasehat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectNilai Agama Islamen_US
dc.subjectAnak Putus Sekolahen_US
dc.titlePenanaman Nilai-nilai Agama Islam Terhadap Anak Putus Sekolah di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahun Najah Kalibaru Banyuwangien_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record