Show simple item record

dc.contributor.authorBanna, Hasan Al
dc.date.accessioned2024-07-30T02:59:28Z
dc.date.available2024-07-30T02:59:28Z
dc.date.issued2024-06-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9924
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi deradikalisasi yang diterapkan oleh Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Kota Malang. Fokus utama penelitian ini adalah formulasi dan implementasi strategi deradikalisasi melalui pendidikan moderasi beragama serta peran penting Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag dalam menjalankan strategi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi deradikalisasi di Pondok Pesantren Sabilurrosyad mencakup tiga aspek utama: pembentukan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan, penguatan identitas kebangsaan sebagai pertahanan terhadap pengaruh ideologi radikal, dan pengembangan keterampilan sosial sebagai langkah konkret dalam mempersiapkan santri berperan aktif dalam masyarakat. Implementasi strategi ini dilakukan melalui penerapan pendidikan yang menekankan nilai-nilai moderasi beragama melalui pengajaran, pengajian rutin, dan inovasi dakwah; penyelenggaraan kegiatan kebangsaan serta kegiatan sosial dan kemasyarakatan; serta pemberdayaan keterampilan sosial santri melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam proses implementasi formulasi strategi tersebut, Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag memainkan peran kunci sebagai seorang "gatekeeper" dalam masyarakatnya, dengan peran yang mencakup pemimpin spiritual, pendidik, pemimpin sosial, dan penghubung antara tradisi Islam dan budaya lokal (cultural broker). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan moderasi beragama di Pondok Pesantren Sabilurrosyad efektif dalam meredam radikalisme dan membentuk karakter santri yang toleran dan inklusif. Disarankan agar format dan strategi pendidikan moderasi beragama ini diterapkan sebagai kurikulum resmi di pesantren-pesantren lain untuk mencegah radikalisme secara lebih luasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectDeradikalisasien_US
dc.subjectModerasi Beragamaen_US
dc.titleStrategi Deradikalisasi Dr. K.H. Marzuki Mustamar M.Ag. Melalui Pendidikan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Sabilurrosyaden_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record