View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Deradikalisasi Dr. K.H. Marzuki Mustamar M.Ag. Melalui Pendidikan Moderasi Beragama di Pondok Pesantren Sabilurrosyad

Thumbnail
View/Open
S2_MPAI_22202011009_HASAN AL BANNA.pdf (1.393Mb)
STRATEGI DERADIKALISASI DR. K. H. MARZUKI MUSTAMAR, M.A.G MELALUI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN SABILURROSYAD.pdf (6.809Mb)
Date
2024-06-27
Author
Banna, Hasan Al
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi deradikalisasi yang diterapkan oleh Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag di Pondok Pesantren Sabilurrosyad, Kota Malang. Fokus utama penelitian ini adalah formulasi dan implementasi strategi deradikalisasi melalui pendidikan moderasi beragama serta peran penting Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag dalam menjalankan strategi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi deradikalisasi di Pondok Pesantren Sabilurrosyad mencakup tiga aspek utama: pembentukan pemahaman yang lebih mendalam tentang nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan, penguatan identitas kebangsaan sebagai pertahanan terhadap pengaruh ideologi radikal, dan pengembangan keterampilan sosial sebagai langkah konkret dalam mempersiapkan santri berperan aktif dalam masyarakat. Implementasi strategi ini dilakukan melalui penerapan pendidikan yang menekankan nilai-nilai moderasi beragama melalui pengajaran, pengajian rutin, dan inovasi dakwah; penyelenggaraan kegiatan kebangsaan serta kegiatan sosial dan kemasyarakatan; serta pemberdayaan keterampilan sosial santri melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam proses implementasi formulasi strategi tersebut, Dr. K.H. Marzuki Mustamar, M.Ag memainkan peran kunci sebagai seorang "gatekeeper" dalam masyarakatnya, dengan peran yang mencakup pemimpin spiritual, pendidik, pemimpin sosial, dan penghubung antara tradisi Islam dan budaya lokal (cultural broker). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan moderasi beragama di Pondok Pesantren Sabilurrosyad efektif dalam meredam radikalisme dan membentuk karakter santri yang toleran dan inklusif. Disarankan agar format dan strategi pendidikan moderasi beragama ini diterapkan sebagai kurikulum resmi di pesantren-pesantren lain untuk mencegah radikalisme secara lebih luas
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9924
Collections
  • MT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group