Show simple item record

dc.contributor.authorAziziah, Siti
dc.date.accessioned2024-07-31T02:30:44Z
dc.date.available2024-07-31T02:30:44Z
dc.date.issued2024-07-05
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9938
dc.description.abstractKemampuan menulis siswa adalah teks hasil observasi, yang merupakan bentuk laporan dari apa yang diamati siswa selama kegiatan pembelajaran di kelas. Pembelajaran menyusun teks laporan hasil observasi ini sangat penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia karena sepanjang proses pembelajaran, siswa dilatih untuk menulis hasil pengamatan mereka dalam bentuk tulisan dengan menggunakan bahasa Indonesia dengan benar dan dengan baik. Sudah jelas bahwa pembelajaran ini akan sangat bermanfaat bagi siswa ketika diterapkan dalam kegiatan sehari-hari mereka, terutama dalam hal menulis. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perencanaan proses pembelajaran keterampilan menulis teks LHO pada siswa kelas X SMAN 7 Malang dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis teks LHO pada siswa kelas X SMAN 7 Malang menggunakan media scrapbook. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) karena fokusnya adalah pada pemecahan masalah model pembelajaran dan media pembelajaran di dalam kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian inin adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yang meningkat dari siklus I, 22,83% dalam kategori sangat baik, dan siklus II, 91,42% dalam kategori sangat baik, menunjukkan peningkatan aspek di setiap siklus. Dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi, scrapbook dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Ini dapat dilihat dari perubahan yang dilakukan siswa selama setiap pertemuan. Meskipun pada awalnya, siswa menghadapi kesulitan untuk menulis laporan teks hasil observasi dengan scrapbook. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa perencanaan proses pembelajaran penulisan teks laporan hasil observasi dengan media scrapbook efektif dalam peningkatan menulis siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata kunci : Teks Laporan Hasil Observasi, Scarpbook, Keterampilan Menulisen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTeks Laporan Hasil Observasien_US
dc.subjectScarpbooken_US
dc.subjectKeterampilan Menulisen_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Menggunakan Media Scrapbook pada Siswa Kelas X SMAN 7 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record