Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Rohmad
dc.date.accessioned2024-07-31T02:30:52Z
dc.date.available2024-07-31T02:30:52Z
dc.date.issued2024-04-03
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9940
dc.description.abstractPendidikan ialah suatu proses mengubah perilaku seseorang melalui pendidikan, pengalaman, dan bimbingan. Menulis deskripsi ialah salah satu keterampilan berbahasa yang paling sulit untuk dipelajari. Ini karena penulis harus menguasai dua unsur: unsur bahasa seperti ejaan, struktur kalimat, kohesi, dan koherensi, serta unsur non-bahasa yang merupakan ide atau gagasan yang terkandung dalam tulisan penulis, yang merupakan hasil dari pengetahuan dan pengalaman penulis sendiri. Menulis teks deskripsi bertujuan untuk memberi pembaca pemahaman langsung tentang pengalaman hidup yang diserap penulis melalui pancaindera mereka, mendorong perasaan pembaca tentang apa yang digambarkannya, dan memberikan kualitas pengalaman langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis melalui media ajar power point animasi serta mengetahui penerapan media ajar power point animasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya menulis teks deskripsi. Informan yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas 7D MTs Alhayatul Islamiyah, dan guru bahasa Indonesia kelas 7. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Oleh sebab itu, pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memaparkan data lapangan secara detail. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) permasalahan yang terjadi adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi, maka dari itu tujuan digunakannya metode ini yaitu untuk mengubah praktik dalam sebuah pembelajaran guna menyelesaikan masalah yang ada dalam situasi pembelajaran tersebut, dan melibatkan peneliti menjadi pengamat serta berkolaborasi dengan guru bahasa Indonesia untuk menyukseskan pembelajaran. Data peneilitian dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal dan nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa permasalahan awal yaitu masih kurangnya keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi dan diselesaikan dengan media ajar power point animasi, keterampilan menulis teks deskripsi siswa menjadi lebih meningkat, mereka lebih bisa lagi menulis teks deskripsi dengan memperhatikan struktur, tujuan, dan cirinya. Untuk mencapai hasil yang maksimal dengan nilai ketuntuasan 100% dengan seluruh siswa mendapatkan nilai diatas KKM dibutuhkan kegiatan pratindakan dan penerapan media ajar power point animasi di siklus I, dan siklus II. Walaupun dalam kegiatan siklus I masih ada beberapa siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata 84,25 dengan 5 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan, tetapi setelah dilakukannya siklus II seluruh siswa telah mencapai nilai ketuntasan atau nilai yang diharapkan dengan nilai rata-rata 86,9 dengan seluruh siswa mencapai nilai tuntas. Kesimpulan dari hasil penelitian ini ialah media ajar power point animasi dapat memberikan peningkatan dari kualitas proses belajar mengajar dan hasil belajar di kelas yaitu pada materi keterampilan menulis teks deskripsi, media ajar power point animasi dapat meningkatkan rasa ngin tahu dan semangat siswa dalam pembelajran dan selain itu juga dapat menghasilkan suatu peningkatan nilai yang cukup bailk dalam pembelajaran. Kata Kunci: Keterampilan Menulis Teks Deskripsi, Perangkat Pembelajaran, Power Point Animasien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeterampilan Menulis Teks Deskripsien_US
dc.subjectPerangkat Pembelajaranen_US
dc.subjectPower Point Animasien_US
dc.titlePeningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dengan Perangkat Power Point Animasi di Kelas 7en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record