dc.description.abstract | Berdasarkan observasi sebelumnya yang dilakukan disekolah SMK Asy-syafi’iyah Pakisaji pada kelas XI diketehuai bahwa dalam proses pembelajaran guru masih jarang menggunakan media dan menggunakan metode ceramah. Dengan begitu peserta didik merasah jenuh dan bosan ketika pembelajaran berlangsung sehingga materi yang disampaikan oleh guru kurang maksimal sehingga hasil dari pembelajaran tidak sesuai yang diinginkan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana proses peningkatan keterampilan menulis teks berita siswa kelas XI SMK Asy-syafi’iyah Pakisaji dengan menggunakan Media VIK (Visual Interaktif Kompas) dan adakah peningkatan menggunakan Media VIK (Visual Interaktif Kompas) terhadap hasil belajar peserta didik.
Peneliti ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kelas XI SMK Asy-syafi’iyah Pakisaji yang berjumlah 19 peserta didik. Penelitian ini berfokus pada kondisi pembelajaran di dalam kelas seperti perubahan dalam praktik pengajaran. Keterlibatan guru dan pesrta didik dalam proses perencanaan berupa membuat rancangan pembelajaran yang melibatkan pemilihan media pembelajaran, sumber daya, metode evaluasi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran serta kontribusi peserta didik. Adapun tahap pelaksanaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.
Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menulis teks berita siswa kelas XI SMk Asy-syafi’iyah Pakisaji dengan menggunakan Media VIK (Visual Interaktif Kompas) dan adakah peningkatan menggunakan Media VIK (Visual Interaktif Kompas) terhadap hasil belajar peserta didik dapat meningkatkan proses belajar menulis teks berita peserta didik kelas XI. Dengan temuan peneliti hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62,85 pada siklus II menjadi 86,55. Dengan demikian adanya peningkatan 23.74% dari siklus I ke siklus II.
Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan dari hasil test penggunaan media dan tidak menggunakan media pembelajaran, Media VIK (Visual Interaktif Kompas) memberikan penggaruh terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada nilai peserta didik sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada proses pembelajaran.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Media VIK (Visual Interaktif Kompas), Peningkatan, Teks Berita | en_US |