Analisis Kesalahan Morfologi dalam Teks Keterampilan Menulis Siswi Kelas II MTs Diniyah Darun Najah Malang
Abstract
Bahasa Arab terdiri dari empat keterampilan, salah satunya adalah keterampilan menulis. Mengembangkan keterampilan menulis memerlukan banyak kemampuan, seperti menguasai sistem aturan bahasa Arab yang mencakup kosa kata dan kaidah (tata bahasa dan morfologi) agar tulisan dapat dipahami. Ketika kita mempelajari bahasa Arab, terdapat sistem, aturan, dan metode linguistik yang berbeda. Oleh karena itu, banyak kita temukan kesalahan-kesalahan di kalangan pembelajar bahasa Arab.
Pesantren Darun Najah merupakan salah satu lembaga di Malang yang fokus pada kajian bahasa Arab dan morfologi atau shorof merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di dalamnya. Pembelajaran bahasa Arab adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk menerapkan tata bahasa dan kosa kata yang telah mereka pelajari sebelumnya. Namun kenyataannya masih banyak kesalahan dalam penulisan terutama kesalahan morfologi dan pelanggaran sistem kebahasaan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang diinginkan. Oleh karena itu, peneliti mengkaji topik menganalisis kesalahan morfologi dalam teks keterampilan menulis siswi kelas II MTs Diniyah Darun Najah Malang..
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan morfologi dalam teks keterampilan menulis, mengetahui deskripsi kesalahan morfologi dalam teks keterampilan menulis, dan membenarkan kesalahan morfologi dalam teks keterampilan menulis pada siswi kelas 2 MTs Diniyah Darun Najah Malang.
Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk menangani penelitian ini dan metodologinya adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah metode kepustakaan, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat bentuk-bentuk kesalahan morfologi, yaitu kesalahan dalam menyusun kata kerja abstrak dan kata kerja transitif, dan kesalahan dalam menetapkan kata kerja ke kata ganti. Deskripsi kesalahan morfologi tersebut bermacam-macam, seperti kesalahan wazan, kesalahan penulisan huruf yaitu menghapus huruf lainnya, dan kesalahan penggunaan kata ganti pada tempat yang tidak sesuai seperti penggunaan kata ganti maskulin menggantikan kata ganti orang ketiga, atau menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal maskulin menggantikan kata ganti feminin tunggal. Pembenaran kesalahan morfologi pada teks keterampilan menulis teks keterampilan siswi kelas 2 MTs Diniyah Darun Najah Malang berkaitan dengan apa yang terdapat pada kesalahan-kesalahan tersebut, sebagian besar adalah pada pengaitan verba dengan pronomina yang diantaranya terdapat 32 kesalahan, dan 4 kesalahan sisanya pada penyusunan kata kerja, baik abstrak maupun lebih.
Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Morfologi, Keterampilan Menulis