Pengaruh Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Membaca Teks Bahasa Arab di MINU Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang
Abstract
Al-Qur'an merupakan sumber utama bahasa arab. Dan bahasa arab merupakan bahasa Al-Qur'an. Keduanya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Dalam pembelajaran maharoh qiro'ah terdapat tujuan mengenal bunyi suara melalui lambang tulisan dan melafalkannya dengan benar, hal ini berkaitan dengan pembelajaran Al-Qur'an.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 5 MINU Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang (2) mengetahui kemampuan membaca teks Bahasa arab siswa kelas 5 MINU Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang (3) mengetahui pengaruh kemampuan membaca Al-Qur;an terhadap maharoh qiro’ah siswa kelas 5 MINU Hidayatul Mubtadi’in Bumiayu Malang. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian korelasi yang bertujuan untuk mengetahu hubungan antar variable. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) nilai rata-rata tes membaca Al-Qur’an siswa adalah 79 yang menunjukkan kategori baik (2) nilai rata-rata tes maharah qiro’ah siswa adalah 78,4 yang menunjukkan kategori baik (3) hasil dari analisis regresi sederhana yaitu nilai F hitung = 43,691, hal ini menunjukkana danya pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an dan maharoh qiro’ah. Nilai korelasinya sebesar 49,8% yang berarti sedang. Dengan hasil ini Ho ditolak dan Ha diterima. Beberapa sebab adanya pengaruh antara kemampuan membaca Al-Qur’an pada kemampuan membaca teks Bahasa arab adalah : materi yang sama, yaitu menggunakan huruf hijaiyah, makhroj, sifat, dan tanda bacanya. Apabila siswa mengetahui huruf sesuai makhroj dan sifatnya ketika membaca Al-Qur’an maka ia mampu membaca Bahasa arab. Apabila ia mengetahui harokat Panjang dan pendek maka ia akan mengetahuinya di teks Bahasa arab juga. Apabila ia lancar membaca Al-Qur’an, maka ia lancar dalam membaca teks Bahasa arab. Peneliti sepakat dengan theory of identical element (E.L. Thorndike). Berdasarkan nilai-nilai tersebut perlu adanya perhatian khusus dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an sehingga kemampuan membaca teks Bahasa Arab.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Maharoh Qiro’ah, Pengaruh