Penggunaan Metode Hafalan Mufrodat Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode hafalan mufrodat dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa arab siswa di SMP Bustanul Makmur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan kosakata sehingga menyebabkan lemahnya kemampuan siswa dalam maharah kalam. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perlu disadari pentingnya mewujudkan pembelajaran bahasa Arab yang efektif agar proses belajar mengajar bahasa Arab dapat berhasil sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam mengenai metode yang digunakan dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan kemampuan maharah kalam melalui penelitian terutama pada Siswa kelas VII SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi. Dari latar belakang tersebut, peneliti merumuskan masalah yakni tentang bagaimana proses pembelajaran dengan metode hafalan mufrodat, apa saja hambatannya serta apa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan metode tersebut dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana penggunaan metode hafalan mufrodat dalam peningkatan maharah kalam siswa di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif deksriptif. Dengan prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai hal-hal yang terkait dengan penelitian ini. Proses Penggunaan Metode Hafalan Mufrodat dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab pada siswa kelas VII SMP Bustanul Makmur ini dilakukan dengan perencanaan dan persiapan yang matang. Proses pembelajaran bahasa arab di SMP Bustanul Makmur dilakukan melalui 3 Tahap, yaitu : Tahap Pendahuluan, Tahap Inti dan Tahap Penutup. Dalam praktiknya, mereka diberikan fasilitas untuk dapat mempraktikkan maharah kalamnya pada kegiatan mingguan sekolah yang disebut “Arabic Day”. Hambatan yang ditemui oleh siswa dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam melalui penggunaan metode hafalan mufrodat di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi dapat dipengaruhi oleh 2 Faktor, yaitu : Faktor internal dan Faktor eksternal. Hambatan internal yang ditemui oleh para siswa antara lain : munculnya rasa malas, munculnya rasa bosan, kurangnya rasa percaya diri, kurang aktif dalam berbicara, kesulitan dalam menghafal, dan sering lupa mufrodat yang telah di hafal. Sedangkan hambatan eksternal yang ditemui para siswa adalah pembelajaran yang kurang bervariasi, lingkungan yang dirasa kurang memadai dan sedikitnya jumlah pertemuan dalam pembelajaran bahasa arab.
Termasuk Metode Hafalan Mufrodat yang telah digunakan di SMP Bustanul Makmur juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut Kelebihan dari penggunaan metode hafalan mufrodat pada siswa : siswa dapat memiliki pembendaharaan mufrodat yang banyak, Menambah minat baca bagi siswa, Bisa menarik informasi yang telah dipelajari oleh siswa dengan cepat dari memori, Membangkitkan rasa percaya diri dalam diri siswa, Siswa dapat belajar dengan mencari cara menghafal agar lebih mudah dan sederhana untuk diingat. Sedangkan kekurangan dari metode hafalan mufrodat ini adalah : Sulit menuangkan ide atau gagasan. Terkadang menghafal bersifat sementara. Karena siswa biasanya mengingat hanya untuk menghadapi ulangan, setelah itu diabaikan, Kurang tepat diberikan kepada siswa berlatar belakang berbeda-beda dan membutuhkan perhatian yang lebih. Sejauh ini, kepala sekolah juga sudah berhasil mendelegasikan beberapa orang siswa untuk mengikuti ajang kompetisi bahasa arab agar mereka lebih semangat untuk mengembangkan skillnya. Penelitian ini sangat penting dilakukan, agar dapat menjadi gambaran bagi Lembaga dan instansi lain yang ingin mengembangkan skill maharah kalam pada siswanya serta dapat dijadikan sebagai masukan agar dapat meningkatkan mutu pembelajaran yang lebih baik lagi.
Kata Kunci : Mufrodat, Metode Hafalan, Maharah Kalam