dc.description.abstract | Aplikasi Tiktok merupakan jejaring sosial berbasis video musik yang memberikan akses kepada penggunanya untuk membuat video musik berdurasi singkat. Tidak dapat dipungkiri penggunaan aplikasi Tiktok juga dapat mengekspresikan emosi seseorang yang dapat diungkapkan melalui gerakan visual seperti dance, tari tradisional, ataupun gerakan tari lainnya. Selain itu, Tiktok dapat menyalurkan ide kreatifitas lainnya yang berhubungan dengan audio seperti menciptakan atau kolaborasi musik. Saat ini aktivitas belajar tidak melulu berkaitan dengan buku pelajaran atau koran, akan tetapi informasi dapat diakses melalui media digital. Anak dapat mengakses berbagai materi pelajaran melalui video yang disajikan dengan tampilan yang menarik.
Berdasarkan konteks penelitian ini memiliki fokus penelitian antara lain: (1) Bagaimana penggunaan aplikasi Tiktok bagi anak di Study Buddy? (2) Bagaimana implikasi penggunaan aplikasi Tiktok dalam mendukung minat anak di Study Buddy?, adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk menganalisis dan menginterpretasikan penggunaan aplikasi Tiktok bagi anak di Study Buddy, (2) Untuk menganalisis dan menginterpretasikan implikasi penggunaan aplikasi Tiktok dalam meningkatkan minat anak di Study Buddy`.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, salah satunya untuk memahami isu-isu rinci tentang situasi dan kenyataan yang dihadapi seseorang. Disamping itu, penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman sehari-hari yang dialami seseorang dalam kehidupan ini, termasuk pengalaman saat interaksi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.
Hasil pembahasan dari penelitian ini menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi Tiktok dalam sehari-hari bisa berdampak positif maupun negatif. Dampak positif Aplikasi Tiktok ialah dapat digunakan sebagai salah satu sumber hiburan bagi anak, media pengembang minat belajar anak, sebagamedia pembelajaran bagi anak, maupun dapat mengembangkan bakat bawaan dari anak. Penggunaan aplikasi Tiktok pada anak dalam sehari berbeda-beda. Durasi anak yang menggunakan Tiktok diantaranya selama 1 jam, 2 jam, bahkan 5 jam. Tentu hal tersebut berkaitan dengan implikasi penggunaan aplikasi Tiktok dalam mendukung minat anak yang menunjukkan bahwa terdapat dampak negatif yang berpotensi muncul pada diri anak, diantaranya bisa membuat anak menjadi malas, mempengaruhi perkembangan mental anak, memicu gangguan pada anak, dan berkurangnya interaksi sosial pada anak. Dalam hal ini peran orang tua sangatlah penting karena orang tua yang bisa mengontrol, mengawasi, memberikan batasan, dan nasehat akan bahaya bermain Tiktok secara terus menerus. Seorang guru juga mempunyai peran untuk memberikan pengetahuan dan arahan serta edukasi untuk lebih bijak dalam menggunakan aplikasi Tiktok sehingga dapat memanfaatkan Tiktok ke arah yang lebih positif.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu bagi orang tua untuk dapat memahami perkembangan aplikasi Tiktok agar mampu melakukan filterisasi dan pengaturan konten hiburan yang dilihat oleh anak, memberikan perhatian lebih terhadap lingkungan anak agar anak tidak terpengaruh terhadap sesuatu yang belum saatnya anak itu tau akan hal tersebut serta dapat mengatur waktu penggunaan media sosial Tiktok agar tidak menimbulkan efek kecanduan yang dapat merusak perilaku dan karakter anak. Disamping itu, guru juga lebih mengoptimalkan penggunaan aplikasi Tiktok dalam pembelajaran untuk mengasah keterampilan dan meningkatkan kreativitas siswa dengan beragam aktivitas seperti menggunakan aplikasi Tiktok untuk berdiskusi kelompok, mengkritisi video tertentu yang berkaitan dengan pembelajaran, menugaskan pembuatan video singkat, challenge adu bakat dengan menggunakan aplikasi Tiktok, dan lain sebagainya.
Kata Kunci: Tiktok, Minat, Kreatifitas. | en_US |