dc.description.abstract | Penguasaan bahasa adalah suatu komponen dalam PAUD yang dibutuhkan. Kemampuan membaca awal adalah kemampuan bahasa yang harus dikembangkan bagi anak kecil. Membaca untuk memperoleh informasi sepanjang hidup, dimana seseorang dapat memperoleh informasi dan pengetahuan melalui latihan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21, menggambarkan pemanfaatan media small movable alphabet untuk lebih mengembangkan kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21, dan menggambarkan upaya untuk lebih mengembangkan kemampuan membaca melalui media small movable alphabet anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Muslimat NU 21 telah berkembang dengan memanfaatkan media small movable alphabet. Selain itu, proses pembelajaran juga mengalami perubahan. Baik siklus I maupun siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 86,95% dan tanda kemenangan di atas 80%. Pada latihan pra siklus hanya terdapat 5 anak yang tuntas dan mencapai tingkat kemajuan sebesar 21,73% dengan rata-rata skor 6,21 pada Standar Berkembang Sesuai Harapan (BSH), sedangkan pada siklus dasar terdapat 11 anak. yang menyelesaikan dan membuat tingkat kemajuannya sebesar 47,82% dengan skor rata-rata sebesar 8,42 pada sesuai harapan, siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni melahirkan 20 anak yang tuntas dan tingkat ketuntasan sebesar 86,95% dengan rata-rata dari 11,7 pada langkah-langkah tersebut tumbuh baik secara keseluruhan yakni berkembang sangat baik(BSB).
Studi ini menemukan bahwa penggunaan small movable alphabet bisa meningkatkan kemampuan membaca awal berusia 5 hingga 6 tahun di TK Muslimat NU 21. Ini menghasilkan perubahan yang signifikan pada aktivitas pembelajaran mereka. Dalam hal aspek perkembangan anak, setiap siswa memiliki potensi yang berkembang.
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Awal, Small Movable Alphabet, Anak Usia 5-6 Tahun | en_US |