View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Awal Melalui Media Small Movable Alphabet untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 21

Thumbnail
View/Open
Publish (1.609Mb)
Fulltext (5.629Mb)
Date
2024-06-24
Author
Solicha, Nur Aminatus
Metadata
Show full item record
Abstract
Penguasaan bahasa adalah suatu komponen dalam PAUD yang dibutuhkan. Kemampuan membaca awal adalah kemampuan bahasa yang harus dikembangkan bagi anak kecil. Membaca untuk memperoleh informasi sepanjang hidup, dimana seseorang dapat memperoleh informasi dan pengetahuan melalui latihan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan profil kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21, menggambarkan pemanfaatan media small movable alphabet untuk lebih mengembangkan kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21, dan menggambarkan upaya untuk lebih mengembangkan kemampuan membaca melalui media small movable alphabet anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 21. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan model Kemmis dan Mc Taggart. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca awal anak usia 5-6 tahun di kelompok B TK Muslimat NU 21 telah berkembang dengan memanfaatkan media small movable alphabet. Selain itu, proses pembelajaran juga mengalami perubahan. Baik siklus I maupun siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata sebesar 86,95% dan tanda kemenangan di atas 80%. Pada latihan pra siklus hanya terdapat 5 anak yang tuntas dan mencapai tingkat kemajuan sebesar 21,73% dengan rata-rata skor 6,21 pada Standar Berkembang Sesuai Harapan (BSH), sedangkan pada siklus dasar terdapat 11 anak. yang menyelesaikan dan membuat tingkat kemajuannya sebesar 47,82% dengan skor rata-rata sebesar 8,42 pada sesuai harapan, siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yakni melahirkan 20 anak yang tuntas dan tingkat ketuntasan sebesar 86,95% dengan rata-rata dari 11,7 pada langkah-langkah tersebut tumbuh baik secara keseluruhan yakni berkembang sangat baik(BSB). Studi ini menemukan bahwa penggunaan small movable alphabet bisa meningkatkan kemampuan membaca awal berusia 5 hingga 6 tahun di TK Muslimat NU 21. Ini menghasilkan perubahan yang signifikan pada aktivitas pembelajaran mereka. Dalam hal aspek perkembangan anak, setiap siswa memiliki potensi yang berkembang.   Kata Kunci: Kemampuan Membaca Awal, Small Movable Alphabet, Anak Usia 5-6 Tahun
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9988
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group