Show simple item record

dc.contributor.authorFitri, Maulidiyah
dc.date.accessioned2024-08-05T12:18:21Z
dc.date.available2024-08-05T12:18:21Z
dc.date.issued2024-06-24
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9992
dc.description.abstractPendidikan lingkungan hidup membutuhkan perhatian dan tanggung jawab dari keluarga dan sekolah. Agar peserta didik memiliki kepedulian akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk mempertahankan kehidupan sejak dini dan dimasa depan. Oleh karena itu, pentingnya program Go green dalam perspektif Montessori dapat membentuk pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan. Peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin dan bagaimana dampak perspektif montessori di RA Syihabuddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin dan dampak perspektif montessori di RA Syihabuddin. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di RA Syihabuddin dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan orang tua/wali murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan peneliti untuk melengkapi dan memperkaya hasil penelitian. Hasi penelitian konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin adalah menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai lingkungan dalam pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Montessori. Pendekatan ini fokus pada kemandirian anak, eksplorasi, dan pengembangan perkembangan jiwa mereka, penggunaan bahan ajar yang ramah lingkungan dan pengalaman praktis seperti berkebun, membuang sampah pada tempatnya, serta mendaur ulang, membantu anak memahami dan menerapkan konsep keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dampak program Go Green dalam perspektif montessori di RA Syihabuddin dapat menumbuhkan sikap peduli , kemandirian, disiplin, berani, kreativitas dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin adalah menunjukkan hasil positif yang telah mencapai melalui beberapa prinsip Montessori yang melibatkan kegiatan belajar yang berfokus pada belajar mandiri, pemecahan masalah, eksplorasi bebas, menghargai anak, mengontruksi perkembang jiwannya, serta menerapkan praktik ramah lingkungan dengan memberikan pembelajaran praktis melalui pengalaman langsung. Adapaun dampak program Go Green dalam perspektif montessori di RA Syihabuddin adalah memberikan dampak positif dengan meningkatkan kesadaran lingkungan pada peserta didik melalui pembelajaran praktis, bebas dan pengalaman langsung dilingkungan, juga mendorong kemandirian, tanggung jawab, berani, disiplin dan rasa hormat terhadap alam, sesuai dengan prinsip montessori sehingga mendukung perkembangan holistik pada anak usia dini. Kata Kunci : Program Go Green, Perspektif Montessorien_US
dc.language.isootheren_US
dc.subjectProgram Go Greenen_US
dc.subjectPerspektif Montessorien_US
dc.titleImplementasi Program Go Green dalam Perspektif Montessori di RA Syihabuddinen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record