View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Program Go Green dalam Perspektif Montessori di RA Syihabuddin

Thumbnail
View/Open
Publish (1.357Mb)
Fulltext (3.243Mb)
Date
2024-06-24
Author
Fitri, Maulidiyah
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan lingkungan hidup membutuhkan perhatian dan tanggung jawab dari keluarga dan sekolah. Agar peserta didik memiliki kepedulian akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan untuk mempertahankan kehidupan sejak dini dan dimasa depan. Oleh karena itu, pentingnya program Go green dalam perspektif Montessori dapat membentuk pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan. Peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin dan bagaimana dampak perspektif montessori di RA Syihabuddin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin dan dampak perspektif montessori di RA Syihabuddin. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di RA Syihabuddin dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan orang tua/wali murid. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi digunakan peneliti untuk melengkapi dan memperkaya hasil penelitian. Hasi penelitian konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin adalah menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai lingkungan dalam pendidikan anak usia dini dengan pendekatan Montessori. Pendekatan ini fokus pada kemandirian anak, eksplorasi, dan pengembangan perkembangan jiwa mereka, penggunaan bahan ajar yang ramah lingkungan dan pengalaman praktis seperti berkebun, membuang sampah pada tempatnya, serta mendaur ulang, membantu anak memahami dan menerapkan konsep keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan dampak program Go Green dalam perspektif montessori di RA Syihabuddin dapat menumbuhkan sikap peduli , kemandirian, disiplin, berani, kreativitas dan tanggung jawab terhadap lingkungan sekolah maupun lingkungan sekitar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa konsep Go Green dalam perspektif Montessori di RA Syihabuddin adalah menunjukkan hasil positif yang telah mencapai melalui beberapa prinsip Montessori yang melibatkan kegiatan belajar yang berfokus pada belajar mandiri, pemecahan masalah, eksplorasi bebas, menghargai anak, mengontruksi perkembang jiwannya, serta menerapkan praktik ramah lingkungan dengan memberikan pembelajaran praktis melalui pengalaman langsung. Adapaun dampak program Go Green dalam perspektif montessori di RA Syihabuddin adalah memberikan dampak positif dengan meningkatkan kesadaran lingkungan pada peserta didik melalui pembelajaran praktis, bebas dan pengalaman langsung dilingkungan, juga mendorong kemandirian, tanggung jawab, berani, disiplin dan rasa hormat terhadap alam, sesuai dengan prinsip montessori sehingga mendukung perkembangan holistik pada anak usia dini. Kata Kunci : Program Go Green, Perspektif Montessori
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9992
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group