View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari

Thumbnail
View/Open
Publish (1.422Mb)
Fulltext (6.547Mb)
Date
2024-06-24
Author
Surur, Daniar Rif’ah Faratis
Metadata
Show full item record
Abstract
Lembaga pendidikan TK Muslimat NU yang ada di Kecamatan Singosari terdiri dari 39 lembaga dengan jumlah 238 guru memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Sebanyak 39 guru berpendidikan (S1) PAUD, 117 guru berpendidikan sarjana (S1) dengan bidang ilmu yang beragam, 65 guru berpendidikan SMA/SMK/MA. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar guru yang ada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari tidak sesuai dengan standar pendidik PAUD. Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana latar belakang pendidikan guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, bagaimana kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, serta bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari. Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan latar belakang pendidikan guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari serta mendeskripsikan pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 238 guru dengan sampel berjumlah 149 guru. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : (1) Latar belakang pendidikan guru yang ada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari mayoritas berlatar belakang pendidikan (S1) non PAUD dan minoritas (S1) PAUD. (2) Kompetensi pedagogik guru yang berada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari berada di kriteria (Baik) dengan nilai mean sebesar 4,26. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan guru (independent) terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari (dependent). Kesimpulan (1) Guru TK Muslimat NU Kecamatan Singosari mayoritas berlatar belakang pendidikan (S1) non PAUD dan minoritas (S1) PAUD. (2) Kompetensi pedagogik guru berada di kriteria (Baik). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari.OTO Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi Pedagogik
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9994
Collections
  • UT - Raudhatul Athfal Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group