Pengaruh Latar Belakang Pendidikan terhadap Kompetensi Pedagogik Guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari
Abstract
Lembaga pendidikan TK Muslimat NU yang ada di Kecamatan Singosari terdiri dari 39 lembaga dengan jumlah 238 guru memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Sebanyak 39 guru berpendidikan (S1) PAUD, 117 guru berpendidikan sarjana (S1) dengan bidang ilmu yang beragam, 65 guru berpendidikan SMA/SMK/MA. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebagian besar guru yang ada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari tidak sesuai dengan standar pendidik PAUD.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah, yakni bagaimana latar belakang pendidikan guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, bagaimana kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, serta bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan latar belakang pendidikan guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari, mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari serta mendeskripsikan pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi pada penelitian ini berjumlah 238 guru dengan sampel berjumlah 149 guru.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu : (1) Latar belakang pendidikan guru yang ada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari mayoritas berlatar belakang pendidikan (S1) non PAUD dan minoritas (S1) PAUD. (2) Kompetensi pedagogik guru yang berada di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari berada di kriteria (Baik) dengan nilai mean sebesar 4,26. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan guru (independent) terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari (dependent).
Kesimpulan (1) Guru TK Muslimat NU Kecamatan Singosari mayoritas berlatar belakang pendidikan (S1) non PAUD dan minoritas (S1) PAUD. (2) Kompetensi pedagogik guru berada di kriteria (Baik). (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru di TK Muslimat NU Kecamatan Singosari.OTO
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Kompetensi Pedagogik